Apa Saja Penyebab Trafo Tidak Berfungsi?


Bloggerbugis - Trafo atau transformator merupakan salah satu perangkat kelistrikan statis yang berfungsi mentransfer energi listrik dari satu rangkaian ke rangkaian lainnya. Pemakaian trafo biasanya untuk menambah atau menurunkan level tegangan listrik antar rangkaian. Perangkat listrik bernama trafo ini melakukan penukaran tegangan arus yang terdapat pada suatu rangkaian dengan tidak mempengaruhi daya listrik total. Hal tersebut berarti trafo bekerja dengan membutuhkan listrik bertegangan tinggi dengan arus kecil yang kemudian akan diubah menjadi listrik bertegangan rendah, atau sebaliknya.

Penyebab Travo Tak Berfungsi

Trafo yang tidak berfungsi bisa mempengaruhi daya listrik dan memadamkan aliran listrik. Tidak berfungsinya trafo bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Bisa jadi ketidakberfungsian trafo diakibatkan oleh penggunaan material inti trafo berkualitas rendah. Material inti yang terlalu tebal justru akan mengurangi efisiensi trafo. Jadi, sesuaikan material inti dengan tujuan dan kapasitas trafo.

Tidak berfungsinya trafo sebagaimana mestinya juga bisa dikarenakan ukuran inti trafo yang tidak bisa menghasilkan daya yang memadai. Sebelum pemasangan, pastikan dulu ukuran kawat trafo dan daya maksimum yang bisa ditampung. Sehingga beban daya listrik yang besar tidak mudah membuat trafo overheating dan bergetar hebat.

Trafo yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya bisa juga dikarenakan pemasangan inti trafo yang kurang teliti. Pemasangan inti trafo yang kurang rapat bisa mengakibatkan getaran atau dengung saat trafo digunakan. Untuk menghindari hal tersebut, bisa dilakukan dengan menambah jumlah inti trafo agar batas lilitan kawat dengan inti benar-benar rapat.

Pastikan pula bahwa pemasanga baut trafo sudah kencang demi mencegah munculnya getaran. Sebab jika sampai terjadi getaran atau dengungan pada trafo, bisa mengakibatkan fungsi trafo menjadi kurang maksimal dan cepat rusak.

Ketidakberfungsian trafo juga bisa dikarenakan trafo yang tidak pernah diperiksa secara rutin. Pemeriksaan pada trafo harus dilakukan rutin setiap hari, setiap minggu, 6 bulanan, dan pemeriksaan tahunan. Anda bisa menggunakan jasa perawatan trafo dari Sewatama untuk mendapatkan layanan terbaik.

Percayakan urusan perawatan trafo pada Sewatama, penyedia jasa dalam bidang kelistrikan yang sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun memberikan pelayanan terbaik bagi pemakai jasa mereka. Untuk informasi yang lebih detail, Anda bisa mengunjungi website sewatama.com.

Tidak ada komentar untuk "Apa Saja Penyebab Trafo Tidak Berfungsi?"