5 Penyebab Kesehatan Mental yang Harus Dihindari

Blogger Bugis - Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka sedang menderita gangguan kesehatan mental. Dari stres berkepanjangan, susah tidur, kecemasan berlebih, semua ini akan menjadi gangguan mental apabila tidak dapat dikendalikan. Oleh karena itu, tanpa disadari, musuh terbesar bagi diri bukanlah orang lain, tetapi diri sendiri. Pola pikir serta kebiasaan yang seringkali disepelekan, juga dapat mempengaruhi suasana hati dan mengganggu kesehatan mental.

5 Penyebab Kesehatan Mental yang Harus Dihindari

Gangguan kesehatan mental dapat terjadi karena kebiasaan hidup yang buruk dan pola pikir negatif. Untuk lebih jelasnya berikut penyebab kesehatan mental yang harus Anda hindari:

1. Selalu Berpikiran Negatif

Orang yang selalu berpikiran negatif cenderung tidak mempunyai harapan yang baik sehingga mudah merasa putus asa. Karena itu, pikiran negatif tidak hanya mempengaruhi bagaimana cara memandang hidup, tetapi juga mengganggu kesehatan mental.
Perasaan hilang harapan dan rasa putus asa, jika dibiarkan berlarut-larut, akan menjadi salah satu gejala gangguan mood yang berakhir terganggunya kesehatan mental. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu berpikir positif. Lebih kenali diri sendiri baik itu kelemahan dan kekuatan diri sehingga dapat fokus pada kekuatan tersebut, jangan hanya berkutat pada kelemahan.

2. Selalu Ingin Sempurna

Orang perfeksionis selalu menginginkan semua hal yang terjadi di hidupnya sempurna, berjalan sesuai rencana, dan tanpa cacat cela.
Standar sempurna tersebut justru malah membuat seseorang mudah kecewa dan sedih, terutama jika apa yang direncanakan tidak sesuai dengan kenyataan. Bila tidak dikendalikan, seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental ini akan rentan terhadap gangguan kecemasan--anxiety disorder.

3. Rendah Diri

Orang yang rendah diri, selalu menilai dirinya serba kurang, membandingkan diri sendiri dengan orang lain, dan terlalu sering menyalahkan diri sendiri. Hal inilah yang akan menyebabkan gangguan kesehatan mental.
Apabila Anda merasa seperti ini, lebih baik sekarang fokus pada kelebihan apa yang Anda punya, maksimalkan potensi yang yang dimiliki. Buktikan pada diri sendiri bahwa Anda memiliki segudang kemampuan sehingga tidak ada kesempatan untuk rasa rendah diri menguasai Anda. Syukuri kelebihan tersebut dan jangan terlalu memikirkan komentar orang lain.

4. Trauma Signifikan

Gangguan kesehatan mental yang satu ini dapat timbul dari pengalaman traumatis yang pernah dialami. Misalnya pertempuran militer, kecelakaan serius, kejahatan, penganiayaan, pelecehan seksual, perkosaan, bencana alam, kematian orang tercinta, dan lainnya.
Orang yang mengalami ini akan memiliki ingatan kilas balik yang berkepanjangan dan mimpi buruk terkait hal-hal mengguncang yang pernah dialaminya. Bahkan tak jarang hal ini akan menyebabkan keinginan bunuh diri dan membunuh. Misalnya post-traumatic stress disorder (PTSD).

5. Pengaruh Penyalahgunaan Zat

Penggunaan zat-zat tertentu secara berlebihan dan berkepanjangan dapat menyebabkan efek samping yang negatif, seperti kecanduan alkohol, mariyuana, dan nikotin, dan narkoba. Selain membuat kecanduan, zat-zat tersebut juga bisa mengakibatkan kerusakan pada otak, perubahan perilaku dan masalah dalam kehidupan sehari-hari dari penderitanya.

Selain menghindari hal-hal yang menyebabkan gangguan pada kesehatan mental, cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan berkonsultasi kepada para ahli. Bisa ke psikiater ataupun dokter jiwa.

Saat ini sudah tersedia Halodoc, yang bisa menjadi solusi terbaik bagi anda dalam mencari pertolongan ahli untuk mengatasi gangguan pada kesehatan mental. Anda bisa menceritakan semua masalah dan perasaan yang anda pendam. Setelah itu baru akan mendapatkan solusi terbaik dari dokter untuk mengatasi hal tersebut. Dengan begini, kesehatan mental anda dapat menjadi lebih baik.
Demikian 5 penyebab kesehatan mental yang harus dihindari. Dengan pola hidup yang sehat, dan diimbangi dengan pola pikir yang sehat juga, kesehatan mental yang terganggu bisa dihindari.

Tidak ada komentar untuk "5 Penyebab Kesehatan Mental yang Harus Dihindari"