Otomatisasi Pembangkit Listrik

Blogger Bugis - Tenaga surya saat ini menjadi banyak dipilih oleh masyarakat di indonesia karena pemakaiannya yang lumayan mudah dan hemat. Perancangan dan penggunaan solar tracker untuk meningkatkan efisiensi produksi listrik Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Solar tracker dimaksudkan untuk mengarahkan muka bidang panel surya pada arah tegak lurus sinar matahari untuk mendapatkan intensitas penyinaran maksimum.

Otomatisasi Pembangkit Listrik

Rancangan sistem solar tracker terdiri atas dua sumbu yang bergerak otomatis secara astronomis. Rancangan telah diterapkan pada PLTS 600 Wp off-grid di Jakarta dan PLTS 8 kW on-grid di Subang yang merupakan demo plant PLTS skala komunal pertama di Indonesia yang dilengkapi solar tracker. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa penggunaan solar tracker pada PLTS meningkatkan output energi PLTS 25% - 50%.

Tenaga Surya mengubah energi surya menjadi listrik, sehingga PLTS tidak memerlukan suplai bahan bakar dan dapat bekerja secara otomatis tanpa memerlukan operator. Sejak tahun 1990-an, teknologi PLTS ini telah banyak dimanfaatkan di Indonesia. Teknologi PLTS terbukti secara teknis dapat diandalkan (technically reliable), layak secara ekonomi (economically feasible) dan dapat diterima oleh masyarakat pemakai (socially reliable). Berdasarkan jaringan, terdapat 2 sistem PLTS, yaitu:

Sistem otomatisasi pembangkit listrik off-grid Merupakan sistem PLTS untuk daerah terpencil / pedesaan yang sulit terjangkau listrik oleh PLN. b. Sistem on-grid Merupakan sistem PLTS yang terhubung pada jaringan listrik. Komponennya terdiri atas PV, inverter on-grid dan alat pencatat ekspor-impor listrik. Efisiensi PLTS secara teori dapat ditingkatkan melalui penggunaan panel surya yang efisien, penggunaan teknologi Maximum Power Point

Tracker (MPPT) pada inverter, dan penggunaan solar tracker. Panel surya paling efisien saat ini berjenis three junction cells (concentrator) dengan efisiensi 44% pada skala penelitian, sementara panel surya komersial umumnya berjenis crystalline silicon dengan efisiensi 12% 25%. Adapun, teknologi MPPT menjadikan inverter selalu bekerja pada titik daya output tertinggi dari berapapun input daya panel surya yang masuk inverter.

Itulah pemaparan mengenai tenaga surya dan sistem otomatisasi di dalamnya yang dapat kalian pahami. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian para pembaca.

Belum ada Komentar untuk "Otomatisasi Pembangkit Listrik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel