3 Langkah Untuk Mengatasi Luka Ringan

Blogger Bugis - Anak jatuh tentu harus segera ditangani sehingga tidak mengalami hal yang tidak diinginkan meskipun bisa dikatakan luka yang di dapat terbilang cukup ringan. Sehingga diperlukan pertolongan pertama pada luka tersebut agar tidak terjadi infeksi pada luka tersebut. untuk mengatasi luka ringan ini maka tentu ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh setiap orang tua kepada anaknya yang mengalami luka ringan karena jatuh.

Sebagai bentuk pertolongan pertama maka harus melakukan beberapa hal seperti di bawah ini diantaranya adalah :


1. Mencuci luka

Inilah yang harus dilakukan ketika anak memiliki luka ringan akibat jatuh yaitu segera untuk mencuci luka itu dengan air bersih. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada luka tersebut. bahkan mencuci luka dengan bersih alangkah baiknya menggunakan alkohol agar sekalin untuk membunuh bakteri atau kuman sekaligus.

2. Menggunakan obat luka

Setelah di cuci dengan baik maka keringkan luka dan baru gunakan obat luka itu agar luka bisa cepat kering serta terhindar dari infeksi. Sebab bila luka sudah terjadi infeksi maka tentu harus segera diperiksakan ke dokter atau klinik agar bisa segera di bersihkan dan diobati.

3. Penutup luka

Bila sudah di gunakan obat luka agar tidak terkena sesuatu yang bisa membuat infeksi maka segera tutup luka dengan menggunakan hansaplast pada luka lecet pada anak tersebut. namun meski seperti itu tentu harus di lihat juga kondisi luka apakah masih basah atau tidak agar penggunaan hansaplast ini memang bisa digunakan secara maksimal.

Itulah 3 hal yang bisa dilakukan oleh orang tua ketika anak mengalami luka ringan akibat dari jatuh atau hanya luka lecet saja. Namun bila terjadi luka yang cukup berat maka segera untuk mengambil langkah membawa anak ke tempat pengobatan seperti puskesmas ataupun klinik terdekat agar bisa langsung ditangani dengan segera. Sebab bila luka yang cukup berat dibiarkan maka proses penyembuhannya akan lama dan rentan terkena infeksi.

Belum ada Komentar untuk "3 Langkah Untuk Mengatasi Luka Ringan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel