Mengenal Berbagai Macam Manfaat Sehat Daun Jarak

BloggerBugis - Daun jarak mungkin masih sangat asing sekali bagi beberapa orang karena memang daun ini tidak banyak dikenal. Pada dasarnya daun ini sangat bermanfaat sekali karena memang memiliki banyak sekali manfaat. Daun ini juga mudah ditemukan karena banyak sekali populasinya di Indonesia. Daun ini berasal dari buahnya yang mungkin biasa dikenal juga dengan nama buah jarak. Bentuk dari buah ini adalah bulat dan berwarna hijau mirip dengan apel. Selain buahnya yang memiliki manfaat ternyata manfaat daun jarak ini sudah sangat dikenali banyak orang pastinya.

Bentuk daun jarak
Bagi Anda yang belum mengetahui bentuk dari daun jarak ini maka sebenarnya bentuknya daun ini tidak terlalu lebar dan juga bisa dibilang sangat mirip dengan daun singkong. Bentuk dari daun ini adalah memiliki model menjari dengan bentuk yang lebih kecil. Biasanya daun ini juga tumbuh berbarengan dengan daun lainnya dan jaraknya sangat dekat. Pada dasarnya tanaman jarak ini termasuk dalam golongan tanaman liar yang biasanya tumbuh di hutan atau di tanah kosong. Untuk daunnya sendiri biasa dalam satu pohon kita bisa menemukan 7-10 daun. Sementara itu untuk ukuran daunnya sendiri biasanya 10-14 cm diameternya. Manfaat daun jarak sudah sangat dikenal banyak orang.

Manfaat Daun Jarak
Foto Daun Jarak Via Fotolepas.com

Manfaat daun jarak untuk kesehatan

Jika kebanyakan orang hanya mengetahui beberapa manfaat daun jarak maka kini akan ada beberapa manfaat utama yang bisa kita dapatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat untuk kesehatan antara lain:
  1. Meredakan panas pada badan bayi, cara menggunakannya cukup mudah kita hanya perlu mengoleskan minyak sayur pada daun lalu dipanaskan menggunakan api selanjutnya adalah dengan meletakan pada punggung atau perut bayi.
  2. Mengatasi masalah sembelit, untuk masalah yang satu ini daun bisa kita gunakan dengan cara merebusnya menggunakan air atau dengan memakan daun ini sebagai lalapan.
  3. Mengatasi rematik, ini adalah salah satu hal yang banyak dimanfaatkan oleh orang yang memang mengalami rematik. Cara penggunaannya adalah dengan cara menumbuk lalu mencampurkan dengan minyak zaitun dan oleskan pada bagian yang mengalami rematik.
  4. Mengatasi kurap, pada daun jarak terdapat senyawa aktif yaitu undesilenat yang akan sangat ampuh mengatasi masalah gangguan kulit kurap ini.
  5. Mengobati luka, caranya cukup mudah kita hanya perlu merebus daun ini lalu kita tempelkan daun ini pada bagian yang luka.
Kandungan daun jarak
Banyak orang yang bertanya mengapa daun jarak bisa digunakan untuk berbagai masalah kulit atau masalah kesehatan. Begitu banyak manfaat daun jarak ini memang akan menimbulkan pertanyaan besar. Tetapi itu semua akan terjawab, pada dasarnya di dalam daun jarak terdapat beberapa kandungan yang akan sangat membuat kita yang menggunakan daun ini akan teratasi dengan baik masalahnya. Kandungan yang ada pada daun jarak seperti undesilenat, kaempferol, quercetin, nicotiflorin dan astragalin. Tentunya dengan adanya beberapa senyawa tersebut akan membuat daun jarak semakin banyak memiliki khasiat.

Buah jarak

Setelah mengenal daun jarak maka langkah selanjutnya adalah dengan mengenal apa itu buah jarak yang akan semakin membuat kita paham mengenai buah yang juga memiliki manfaat. Jika kita sudah mengenal manfaat daun jarak maka kita juga bisa mengenal berbagai manfaat yang dihasilkan oleh buah jarak. Berikut ini adalah manfaat yang dihasilkan antara lain:
  • Mengatasi radang pada telinga, cara penggunaannya cukup mudah sekali karena kita bisa menggunakan getah buah jarak lalu teteskan pada telinga kita sebanyak 5 kali.
  • Membuat rambut tumbuh subur, cara untuk mengaplikasikan ini mudah kita bisa menumbuk daun ini lalu kita peras dan keluar minyak lalu minyak ini yang bisa kita oleskan pada kepala kita.
  • Mengatasi sariawan, caranya adalah dengan menggunakan getah jarak lalu oleskan getah ini pada bagian bibir kita agar maksimal hasilnya gunakan setiap hari.
  • Mengatasi sakit gigi, jika ingin mengatasi dengan jarak maka kita bisa mengoleskan atau meneteskan beberapa kali getah jarak pada gigi yang terasa sakit.
Daun jarak memang sangat khas sekali sehingga banyak sekali dipilih orang untuk dapat mengatasi masalah pada tubuh kita. Manfaat daun jarak ini memang harus dikenali karena jika tidak bisa menjadi sebuah masalah untuk tubuh kita. Untuk menemukan daun jarak ini kita biasanya menemukan di beberapa daerah dan juga terkadang ada di pasar tradisional. Jika dibandingkan dengan daun lainnya ini merupakan daun yang memang memiliki manfaat.

Jika kita memang sudah mengenal manfaat daun jarak kita juga tetap harus memperhatikan efek samping yang bisa ditimbulkan. Karena tidak selamanya daun ini aman, kita juga harus berhati-hati pada saat menggunakannya karena ada minyak pada daun jarak yang jika salah penggunaannya bisa membahayakan lambung atau usus kita. Jangan sampai salah dalam menggunakan karena ini akan sangat berakibat fatal. Sebaiknya kita mencari tahu dahulu bagaimana cara menggunakannya di internet.

Mengecilkan perut dengan daun jarak
Penggunaan daun yang biasa disebut juga dengan daun pagar ini juga sudah banyak. Disebut daun pagar karena jika tumbuh di sekitar pekarangan rumah daun atau pohonnya tingginya bisa mencapai pagar rumah. Jika kita sudah melihat beberapa manfaat daun jarak yang ada diatas, pada dasarnya daun ini juga masih memiliki beberapa manfaat lain, salah satunya adalah dapat membantu untuk mengecilkan perut. Daun ini bisa menjadi salah satu bahan untuk melakukan detoksifikasi yang sangat baik sekali untuk tubuh kita.

Membuat tubuh menjadi lebih sehat memang merupakan hal yang paling sulit karena pastinya akan ada banyak sekali hal yang dilakukan. Salah satu manfaat daun jarak lainnya yang sering menjadi sorotan adalah mampu untuk memperbesar alat vital. Tentu saja ini menjadi sorotan dan juga menjadi kontroversi sendiri. Memang sudah ada banyak sekali olahan daun ini yang sudah menjadi obat dan juga bisa menjadi obat yang baik. Jadi kita juga bisa mengkonsumsi obat ini dengan cara mudah.

Bagi beberapa orang membuat daun jarak menjadi bahan yang bermanfaat bukan hal yang sulit. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan cara membuat daun ini dengan digerus dan juga direbus. Kebanyakan cara membuat ramuan daun jarak untuk merasakan manfaat daun jarak ini adalah dengan cara menggerusnya lalu ditambahkan dengan minyak atau dengan beberapa buah seperti jeruk lemon.

Jika dibandingkan dengan buah lainnya maka daun jarak ini masih dibilang cukup mudah sekali dibentuk. Untuk Anda yang belum pernah menggunakan manfaat daun jarak ini maka langkah selanjutnya adalah mencari beberapa daun yang sudah diolah dalam bentuk obat yang juga memiliki manfaat yang sama dengan daun aslinya. Tidak perlu ragu karena harganya juga sangat terjangkau sekali.

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "Mengenal Berbagai Macam Manfaat Sehat Daun Jarak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel