Mengenal 6 Manfaat Daun Cocor Bebek di Bidang Kesehatan

BlogggerBugis - Cocor bebek merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa diolah dan dimanfaatkan sebagai obat herbal alternatif untuk menangani berbagai masalah kesehatan. Manfaat daun cocor bebek dalam bidang kesehatan sudah terbukti dan telah digunakan dari waktu ke waktu sejak jaman nenek moyang. Obat tradisional ini selalu dicari oleh berbagai kalangan masyarakat yang ingin mengatasi penyakit secara alami menggunakan bahan herbal. Apabila pemanfaatan cocor bebek dilakukan dengan baik dan maksimal, tentu saja segudang manfaat bisa didapatkan. Pengobatan yang efektif, aman dan bekerja maksimal bisa diperoleh tanpa membuang budget yang besar.

6 Manfaat Daun Cocor Bebek di Bidang Kesehatan

Manfaat Daun Cocor Bebek

Karakteristik dan kandungan tanaman cocor bebek

Tanaman cocor bebek merupakan tanaman yang biasa tumbuh di daerah tropis, panas dan daerah kering. Pembudidayaan tanaman ini sangat mudah karena bisa dilakukan menggunakan teknik tunas adventik. Itulah sebabnya manfaat daun cocor bebek seringkali dijadikan alternatif pengobatan karena bahannya mudah dijumpai. Biasanya tanaman ini memiliki daun yang berwarna hijau muda dengan bentuk bulat telur disertai dengan sisi-sisinya yang bergerigi dan ujung bagian daun yang tumpul. Bentuk dan rupa daun yang menyerupai lidah bebek membuat tanaman ini mudah dikenali orang awam sekalipun.

Tanaman cocor bebek juga memiliki batang yang berbentuk segi empat, berwarna hijau, lunak dan beruas. Bunganya berwarna merah, berbentuk malai dengan mahkota yang berbentuk corong. Dari sekian banyak bagian-bagian yang ada pada tanaman cocor bebek, bagian daun merupakan bagian penting yang paling banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Manfaat daun cocor bebek diperoleh karena ada banyak kandungan senyawa di dalamnya, antara lain kalium, asam malat, alkaloid, vitamin C, falavanoid, antiseptik, anti radang dan masih banyak lagi senyawa penting lain yang terdapat dalam daun cocor bebek sebagai obat tradisional.

1. Daun cocor bebek sebagai obat sakit kepala

Sakit kepala merupakan masalah kesehatan yang sering muncul secara tiba-tiba. Untuk menghindari pengonsumsian obat-obatan, Anda bisa menggunakan daun cocor bebek sebagai alternatif penanganan herbal. Sebab, salah satu manfaat daun cocor bebek adalah sebagai obat sakit kepala. Memanfaatkan daun cocor bebek untuk meredakan sakit kepala juga dinilai cukup mudah, yaitu:
  • Siapkan 10 lembar daun cocor bebek dan cuci hingga bersih.
  • Giling daun cocor bebek hingga halus dan beri garam secukupnya.
  • Gosokkan campuran daun cocor bebek dan garam pada bagian dahi dan pelipis Anda.
  • Ulangi 1 sampai 2 kali sehari sesuai kebutuhan.
  • Rasakan khasiatnya dan sakit kepalapun reda.
2. Daun cocor bebek sebagai obat sakit lambung

Nyeri pada lambung bisa terjadi ketika seseorang telat makan atau menderita penyakit maag. Pada situasi ini, daun cocor bebek bisa dimanfaatkan sebagai pereda nyeri yang Anda rasakan. Manfaat daun cocor bebek sebagai obat nyeri lambung sangat mudah didapatkan. Berikut ini cara memanfaatkannya, yaitu:
  • Siapkan 5 lembar daun cocor bebek dan sedikit garam.
  • Peras daun dan taburi garam secukupnya pada air perasan.
  • Minum air perasan daun cocor bebek dan rasakanlah manfaatnya.
3. Daun cocor bebek sebagai obat muntah darah

Muntah darah merupakan gejala penyakit yang harus ditangani dengan metode yang tepat dan cepat. Manfaat daun cocor bebek sebagai obat muntah darah sudah dipercaya sebagai metode pengobatan herbal yang sangat berkhasiat dan juga aman. Berikut ini cara menangani muntah darah dengan menggunakan cocor bebek sebagai obat herbal, yaitu:
  • Siapkan 7 lembar daun cocor bebek dan gula merah.
  • Lumatkan daun cocor bebek.
  • Campurkan sedikit gula merah.
  • Tim ramuan daun cocor bebek sampai matang.
  • Minum ramuan herbal selagi hangat.
4. Daun cocor bebek sebagai obat wasir

Manfaat kesehatan dari daun cocor bebek lainnya yaitu sebagai obat wasir. Pengobatan wasir menggunakan manfaat daun cocor bebek yang satu ini perlu dilakukan secara rutin agar hasilnya efektif. Berikut ini cara menangani wasir menggunakan khasiat daun cocor bebek secara alami, yaitu:
  • Siapkan daun cocor bebek, air panas dan madu.
  • Bersihkan daun cocor bebek, biarkan kering dan tumbuk sampai berubah menjadi bubuk.
  • Campurkan 1 sendok cocor bebek bubuk dengan air panas ke dalam cangkir.
  • Tambahkan 1 sendok madu ke dalamnya dan aduk rata.
  • Minum selagi hangat sebanyak 3 kali sehari untuk hasil yang optimal.
5. Daun cocor bebek sebagai obat bisul

Bisul adalah salah satu masalah penyakit yang harus diatasi dengan segera agar tidak meradang dan mengganggu kenyamanan diri Anda. Bisul bisa ditangani menggunakan daun cocor bebek secara herbal. Manfaat daun cocor bebek ini diperoleh karena terdapat kandungan antiseptik dan antiradang di dalamnya. Cara memanfaatkannya antara lain:
  • Bersihkan 50 gram daun cocor bebek, lumatkan.
  • Ambil air lumatan daun cocor bebek dan tambahkan madu ke dalamnya.
  • Minum ramuan tersebut.
  • Tempelkan sisa lumatan daun cocor bebek ke bagian bisul yang sakit.
  • Lakukan pengobatan secara rutin.
6. Daun cocor bebek sebagai obat reumatik

Jika gejala reumatik timbul dan sendi-sendi di beberapa bagian tubuh mulai terasa sakit, maka salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan daun cocor bebek yang ada di sekitar Anda. Manfaat daun cocor bebek yang satu ini dapat menghindari pengonsumsian obat-obatan yang bisa memicu efek ketergantungan. Cara menggunakan daun cocor bebek sebagai obat reumatik antara lain:
Rebus 4 lembar daun cocor bebek ke dalam 3 gelas air dengan 1 jari pulosari, 1 sendok teh adas dan 2 jari gula enau sampai matang.
Biarkan dingin dan saring air rebusan herbal daun cocor bebek, lalu sisihkan.
Minum air rebusan secara rutin 3 kali sehari sebanyak 150 ml atau ¾ gelas.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan daun cocor bebek sebagai obat herbal

Ada banyak masalah kesehatan yang bisa diatasi menggunakan daun cocor bebek. Selain beberapa jenis penyakit yang disebutkan tadi, manfaat daun cocor bebek lainnya yaitu untuk meredakan radang amandel, masalah diare, disentri, demam, radang telinga bagian luar, haid, asma dan masih banyak lagi. Namun perlu diingat bahwa memanfaatkan khasiat alami daun cocor bebek juga wajib diperhatikan. Berikut ini beberapa hal yang harus dipahami ketika memanfaatkan khasiat dari daun cocor bebek, yaitu:
  • Dosis pemakaian daun cocor bebek harus dibatasi untuk menghindari dampak pusing dan muntah-muntah jika dosisnya berlebih.
  • Penderita penyakit gangguan pencernaan dan wanita hamil dilarang mengonsumsi ramuan daun cocor bebek.
  • Pemakaian daun cocor bebek untuk bagian luar pada kulit sensitif harus dilakukan secara hati-hati untuk mencegah rasa gatal atau iritasi kulit.
Itulah berbagai macam khasiat atau manfaat daun cocor bebek di bidang kesehatan sebagai obat herbal tradisional yang sangat penting untuk diketahui!

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "Mengenal 6 Manfaat Daun Cocor Bebek di Bidang Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel