8 Manfaat Sehat Dibalik Rasa Pahit Buah dan Biji Mahoni

BloggerBugis - Di Indonesia Pohon mahoni sudah dikenal oleh masyrakat karena tanaman ini sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Selain berfunsi sebagai tanaman teduh, tumbuhan mahoni ternyata hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan seperti kayunya dapat digunakan sebagai bahan pertukangan dan buahnya adalah salah satu bahan pengobatan kesehatan. Berdasar dari hal demikian sehinggah tanaman mahoni sudah lama dibudidayakan oleh masyrakan sejak zaman penjajahan belanda.

Dilihat dari segi asal usul pohon mahoni, tumbuhan ini asalnya dari Hindia Barat dan benua Afrika. Manfaat buah mahoni telah dikenal dulu. Tanaman mahoni dapat tumbuh dengan baik pada tanah kering atau gersang, pohon mahoni ini sangat cocok ditanam pada pinggir jalan raya yang berfungsi atau bermanfaat sebagai penghijauan serta dapat menyejukkan hawa perkotaan.

Dalam dunia pengobatan tumbuhan ini yang dimanfaatkan adalah buahnya, yakni berkhasiat sebagai obat penyembuhan berbagai jenis penyakit. bagian yang sangat bermanfaat sebagai obat adalah bijinya. Hal demikian disebakan karena adanya hasil tenemuan oleh para ahli biokimia, sekitar tahun 90-an oleh DR. Larry Brookes. Hasil dari riset yang dilakukannya tenemuan ini terbuatla Ekstrak dari Kavinoid dan saponin yang terkandung dalam buah mahoni.

Manfaat Sehat Dibalik Rasa Pahit Buah dan Biji Mahoni

Khasiat Buah Mahoni Pada Pengobatan Penyakit

Saponin yang terdapat pada buah mahoni mimiliki peranan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu buah mahoni juga dapat memperlambat pembekuan sel-sel darah, serta dapat memperbaiki kadar gula darah, mencegah penyakit sampar, serta dapat mengikis lemak pada tubuh serta dapat memperkuat fungsi hati.

Sedangkan kandungan flavoid yang terdapat pada buah mahoni ini berkasiat dalam memperlancar peredaran darah pada tubuh, mencegah penyumbambatan pada saluran darah , meminimalisir kadar kolesterol, mengurangi pendarahan, mengurangi rasa sakit, mencegah terjadinya penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah serta berfunsi sebagai antioksidan yang berperran dalam menangkal radikal bebas dalam darah. Nah sahabat pembaca Manfaat buah blogger bugis dibawah ini kami sajikan 8 khasiat manfaat dari buah mahoni dalam peyembuhan penyakit :

8. Menyembuhkan Masuk Angin
Manfaat pertama dari buah mahoni ini dapat meringankan masuk angin. Cara penggunaanya yakni cukup dengan menyeduh satu sendok teh serbuk biji dari buah mahoni ini dengan setengah gelas air medidih dan tambahkan satu sendok makan madu asli, dan aduk-aduk sampai merata diamkan selama lima menut dan larutan pun siap diminum semasih dalam keadaan hangat.

7. Tingkat Kehamilan
Bagin anda yang sudah lama menikah namum belum mendapatkan keturunan namun karena impotensi, nah dibalik rasa pahit buah mahoni mampu memberikan keajaiban bagi Anda yang sudah lama ingin mencoba hamil. Silahkan konsumsi daging buah mahoni hal demikian meningkatkan peluang kesuburan Anda.

6. Menurunkan demam
Anda dapat meracik obat penurun panas sendiri tanpa harus membeli diapotik cukup dengan memanfaatkan buah mahoni. Caranya pemakaiannya sangat mudah, cukup dengan menyeduhmya dengan segelas air panas lalu dicampurkan dengan satu sendok madu duk-aduk sampai merata dan minumlah semasih dalam keadaan hangat.

5. Kurang Nafsu Makan/Selera makan
Bagi anda yang tidak bisa mendapatkan berat badan yang ideal karena disebabkan malas makan atau nafsu makan berkurang, konsumsilah buah mahoni karean buah mahoni ini sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin meningkatkan selara nafsu makan. Maka dengan bertambahnya selera makan Anda maka dengan demikian dapat menambah berat tubuh Anda secara bertahap.

4. Buah Mahoni baik bagi penderita diabetes
Untuk Anda penderita diabetes anda dapat menyeduh biji mahoni dengan segelas air panas lalu tambahkan satu sendok madu, dan sampai rata dan minumlah sekali dalam sehari sebaiknya ramuan ini diminum dalam keadaan yang masih hangat.

3. Menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi
Untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi anda dapat memanfaatkan buah mahoni, hanya dengan cara menyeduh biji buah mahoni dengan 2 gelas air medidih. Tunggu sampai benar-benar dingin selanjutnya saring. Miminumlah larutan biji buah mahoni setiap pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas.

2. Menyehatkan Jantung
Salah satu manfaat terbesar dari buah mahoni ini yakni efeknya dalam membantu peningkatan sirkulasi darah. Kandungan flavonoid yang terdapat pada biji mahoni dapat membantu meningkatkan sistem peredaran darah dalam tubuh, sedangkan kandungan saponin sangat baik untuk kesehatan jantung. Intinya Kkombinasi nutrisi yang tedapat pada biji mahoni memberikan efek pengobatan alami yang baik dalam menjaga kesehatan jantung serta sirkulasi darah jadi lebih baik.

1. Mengatasi Susah Buang Air Besar (BAB
Ketika Anda menderita susah BAB anda dapat memanfaatkan buah mahoni ini yakni cukup dengan menghaluskan biji buah mahoni lalu diseduh dengan air hangat dan diminum sekali dalam sehari maka penyakit susah BAB yang anda derita selama ini akan sembuh.

Cara Meramu Buah Mahoni

Contoh Ramuan biji Mahoni atau cara Mengkonsumsi Biji Mahoni tidaklah rumit dalam membuat ramuan dengan bahan dasar serbuk mahoni, Anda cukup dengan mencampurnya dengan air seperti dalam mengobati:
  • Jika ingin mengobati tekanan hipertensi/darah tinggi, siapkan 1 sendok teh bubuk biji mahoni dan s1 air panas lalu tambahkan 1 sendok madu lalu aduk, dan minum selagi hangat.
  • Untuk Anda yang menderita gangguan gula darah, ramuannya sama dengan mengobati tekanan darah tinggi dan sebaiknya diminum tiga puluh menit sebelum makan.
  • Bagi anda yang masuk angin serta ingin menambah stamina tubuh, cara meraciknya pun sama, akan tetapi sebaiknya tambahkan jahe.
  • Anda pun dapat memakan biji mahoni secara langsung setalah mengupas kulit luarnya. Hal ini dapat anda lalukukan jika anda tahan dengan rasa pahit dari buah mahoni ini.
  • Untuk anda yang tidak ingin repot dalam meracaik ramuannya anda dapat memanfaatkan ekstrak biji mahoni yang dijual di Apotik, Ingat pilihlah estrak biji mahoni yang sudah mendapat izin dari BPOM. Akan tetapi sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengomsumsinya utamanya bagi penderita diabetes

Efek Samping Pemanfaatan Buah Mahoni sebagai Obat alami

Segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, konsumsi biji mahoni secara berlebihan dapat memicu terbentuknya kolesterol dicairan Empedu hal ini dapat menimbukan terbentuknya batu empedu. Hal demikian ini karena terapatnya senyawa flavonoid dan saponin pada buah mahoni. Jadi, dosis maksimal yakni cukup dengan mengonsumsi 200 milli gram/hari.
Nah demikian ulasan Admin bloggers bugis yang sudah membahas mengenai manfaat Sehat dibalik rasa pahit buah dan biji Mahoni, semoga bermanfaat.

Suka dengan artikel di atas? nggak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email:

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "8 Manfaat Sehat Dibalik Rasa Pahit Buah dan Biji Mahoni"

Posting Komentar