12 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

BloggerBugis - Tumbuhan Kemangi dengan nama latin Ocimum basilicum yang artinya tanaman beraroma. Hal demikian merujuk pada aroma daunya yang khas dari daun kemangi. Di Indonesia sendiri daun kemangi kerap dimanfaatkan sebagai bumbu pelengkap masakan yang berguna sebagai penggugah selera makan.

Akan tetapi tahukah Anda dibalik aroma sedapnya duan kemangi memiliki sejuta manfaat baik bagi kesehatan tubuh hal demikian tidak lepas dari kandungan senyawa-senyawa yang terkandung pada dau kemangi. Seperti yang di admin blogger Bugis kutip dari laman merdeka, vemale dan healthkompas berikut ini adalah rangkuman 12 manfaat daun kemangi untuk kesehatan kaum pria maupun kaum wanita.

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

12. Menyehatkan mata dan mulut
Vitamin A yang tedapat pada daun kemangi memiliki kemampuan dalam mengobati infeksi mata, meredakan mata yang stres, dan mencegah gangguan pada mata lainnya. Bukan hanya itu, selain dari daun mint, daun kemangi pun punya efek menyegarkan bau mulut jika dikonsumsi.

11. Meredakan Masuk angin dan Demam
Daun kemangi dapat dipergunakan dalam meredakan batuk dan masuk angin khususya bagi balita yang menderita demam dan batuk. Cara pemakian daun kemangi, siapkan beberapa lembar daun kemangi, selanjutya diremas-remas lalu dicampur bersama bawang merah dan sedikit minyak kelapa, dan oleskan pada bagian perut dan dada, dan punggung balita Anda.

10. Memperlancar Air Susu Ibu (ASI)
Bagi Anda ibu-ibu yang baru saja melahirkan namun Air ASInya kurang lancar, Maka Anda dapat menggunakan daun kemangi, cukup dengan menjadikan daun kemangi sebagai lalapan atau teman makan bersama Nasi dan sambal, Selain itu daun kemagi juga dipercaya Ampuh dalam mengcegah bau mulut dan bau badan.

9. Kesehatan Jantung
Berdasarkan hasil riset yang baru-baru ini dilakukan, daun kemangi sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan Jantung hal ini kandungan adanya magnesium dan betakaroten yang terdapat pada daun kemangi. Kedua kandungan ini adalah sumber mineral penting yang memiliki peranan penting dalan memelihara dan menjaga kesehatan jantung.

8. Mengatasi Batuk
Di Afrika dan sebagian wilayah di India, daun kemangi diolah menjadi teh. Teh daun kemangi ini merupakan sajian spesial kala pergantian musim, kala banyak penduduk setempat mudah terserang pilek, batuk dan demam pada saat pergantian musim. Sedangkan di negara Thailand daun kemangi dimanfaatkan sebagai bumbu masak.

7. Mengatasi Stroke
Meningkatkan fungsi artery atau pembuluh darah nadi pada penderita stroke hal ini karena daun kemangi kaya akan kandungan isoflavon dan isoflavon juga terdapat pada kacang-kacangan seperti buncis, kedelai dan kacang polong yang berfungsi meningkatkan pembuluh darah nadi pada pasien Stroke.

6. Sebagai Anti Radang
Pada daun kemangi terdapat senyawa zat myrcene, eugenol dan cineole yang memiliki fungsi sebagai Anti biotik alami dan Anti radang.

5. Merangsang Sel Telur
Bagi Anda yang sudah berkeluarga namun belum memiliki keturunan konsumsilah daun kemangi, karena kandungan zat stigmaasterol pada daun kemangi dapat membatu ovulasi atau merangsang pematangan sel-sel telur.

4. Mengatasi Keputihan
Untuk anda kaum wanita yang mengalami keputihan rajin-rajinlah mengonsumsi daun kemangi. Hal ini karena pada daun kemangi terdapat senyawa eugenol yang berperan dalam membunuh jamur penyebab keputihan. Anda dapat memakan daun kemangi sebagai campuran lalapan atau pepes.

3. Menunda Masa Menopouse
Untuk anda kaum perempuan perbanyaklah konsumsi daun kemangi , karena pada daun kemangi mengandung senyawa Zat triptofan yang dapat menunda masa Menopuse. Anda dapat memakan daun kemangi sebagai campuran lalapan atau pepes.

2. Anti inflamasi
Daun Kemangi adalah sumber anti inflamasi yang berperan penting dalam membantu peyembuhan bengkak serta dapat meredakan radang pada persendian. Daun Kemangi juga kaya akan sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi dan mencegah osteoporosis.

1. Manfaat lain daun Kemangi
Jika ingin berhenti merokok, kunyalah daun kemangi saat keingian merokok anda timbul. Dengan begitu maka kekuaran antioksidan pada daun kemangi dapat memperbaiki sistem tubuh yang rusak akibat dari Nikotin, Daun kemangi juga terbukti ampuh dalam mengatasi batu ginjal dan mencegah diabetes.

Sangat banyak jenis daun yang dapat kita manfaatkan sebagai obat Alternatif yang dapat meyembuhkan berbagai macam penyakit , salah satunya adalah daun kemangi yang baru Anda baca. Itulah dua belas manfaat daun kemangi bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Suka dengan artikel di atas? nggak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email:

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "12 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Pria dan Wanita"

Posting Komentar