Tips Aman Berpuasa Ramadan Bagi Ibu Hamil

BloggerBugis - Bulan Ramadan dapat menjadi hari yang akan terasa berat untuk hamil bila mereka memilih menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu wanita hamil harus tetap menjaga asupan nutrisi agar si calon bayi yang ada dalam kandungan tetap sehat. Mungkin pertanyaan ini kadang timbul di benak ibu hamil, bagaimana sih cara menjalani puasa dan janin kondisi sehatan dan aman? Nah sahabat Sehat Blogger Bugis, Yuk mari kita simak tips puasa untuk Ibu hamil di Bulan Ramadhan berikut ini:

Puasa Ramadan Saat Hamil

Puasa Ramadan Saat Hamil

Hasil Penelitian Mengenai Ibu Hamil yang Berpuasa
Penelitian Mengenai Bayi Yang dikandung Ketika ibu Berpuasa telah membuktikan bahwa kondisi berat bayi yang lahir tidak dipengaruhi karena sang ibu menjalankan ibadah puasa selama hamil. begitupun dengan tingkat IQ/kecerdasan sang Bayi

Dalam beberapa penelitian membuktikan bahwa sampel darah pada ibu hamil yang sedang menjalani ibadah puasa dan ibu hamil yang tidak berpuasa memang membuktikan adanya perubahan akan tetapi hal demikian tak berbahaya bagi kesehatan janian dan ibu.

Baca Juga : Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

Para pakar kesehatan percaya bahwa terdapat manfaat baik puasa untuk kesehatan tubuh ibu hamil. Jadi apabila ibu hamil memiliki fisik yang kuat serta tak pernah mengalami gangguan kesehatan yang serius, maka puasa Ramadan dapat dilakukan. Namun Hal yang perlu ibu hamil tahu sebaiknya istirahat cukup, dan menghindari stres sebisa mungkin serta menyantap makanan yang tepat kala berbuka dan sahur.

Tips Saat Mejalankan Ibadah Puasa:
  1. Sebaiknya jika ingin makan Sahur dianjurkan untuk makan 20 menit menjelang imsak.
  2. Makan secara pelan-pelan dan bertahap saat berbuka konsumsi makanan yang cocok dengan nutrisi yang diperlukan tubuh dan janin.
  3. Perbanyak minum air putih pada malam hari hal demikian sangat di anjurkan selama menjalankan ibadah puasa.
  4. Bila ibu hamil menderita sembelit, sebaiknya mengonsumsi buah kurma untuk mengatasinya.
  5. Perbanyak mengonsumsi sayuran selama menjalankan ibadah puasa
  6. Perhatikan konsumsi makanan berlemak dan berkarbohidrat disarankan agar mengurangi jenis ini agar kesehatan janin dan ibu senantiasa terjaga.
  7. Jenis makanan lain yang dianjurkan bagi ibu hamil selama menjalankan ibdah puasa seperti protein hewani, ayam, daging, telur dan ikan.
Masalah Kesehatan Bagi Ibu Hamil
Beberapa masalah kesehatan seperti gangguan ginjal, diabetes, gangguan hati, tekanan darah tinggi, asma, mengandung bayi kembar, risiko prematur, dan masalah lainya sebaiknya diperhatikan. Karena masalah demikian ini kadang membuat ibu hamil tak disarankan menjalankan ibadah puasa ramadan.

Beberapa Alasan ibu hamil sebaiknya membatalkan puasa
Gejala-gejala seperti merasa pusing, penglihtan kabur, sesak napas serta merasa gerakan janin lemah merupakan alasan yang begitu kuat sebaiknya ibu hamil membatalkan puasa yang dijalaninya. Hal demikan begitu penting diterapkan demi menjaga keselamatan dan kesehatan janin dan ibu.

Masalah Morning Sickness/Mual
Bagi ibu hamil yang usia kandungannya baru 2 atau 3 bulan/Ibu Hamil Muda, kadang kala mengalami morning sickness atau merasa mual dan ingin muntah. Bila ibu hamil mengalami hal demikian maka sebaiknya agar melakukan konsultasi pada dokter, karena hali dapat mempengaruhi kondisi saat menjalankan ibadah puasa.

Jika ibu hamil tidak sanggup menjalankan ibadah puasa Ramadan, maka ibu hamil wajib menggantinya di lain hari dan tidak dibenarkan membayar denda atau membayar fidyah. Hal ini karena puasa di bulan suci Ramadan tetap merupakan kewajiban oleh umat muslim.

Suka dengan artikel di atas? nggak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email:

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "Tips Aman Berpuasa Ramadan Bagi Ibu Hamil"

Posting Komentar