Manfaat Sehat Daun Pisang Dalam Kehidupan Sehari-hari

BloggerBugis - Pisang adalah salah satu jenis tumbuhan yang hampir seluruh bagiannya memiliki manfaat. Mungkin yang kita tahu selama ini bahwa yang yang bermanfaat hanya buahnya saja yang dapat diolah menjadi makanan, akan tetapi dibalik semua itu pisang sangat baik untuk kesehatan kulit daun pisang juga memiliki banyak manfaat

Pisang dapat dimakan secara langsung aroma dan rasanya khas dan manis. Hampir seluruh bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan mulai batang, daunnya, utamanya daun pisang yang masih hijau sangat berguna untuk tubuh, utamanya dalam hal perawatan kulit.

Manfaat Sehat Daun Pisang Dalam Kehidupan Sehari-hari

Beragam Manfaat Daun Pisang

Tak banyak yang tahu bahwa daun pisang ini memiliki segudang manfaat. Bagi sebagian orang berpendapat bahwa daun pisang tak begitu bermanfaat dan kadang dianggap sebagai sampah saja. Akan tetapi tidak dengan daun pisang. Daun pisang yang kadang dipakai sebagai pembungkus makanaan/kue tradisional Indonesia nyatanya kaya akan manfaat lain. Apa saja manfaat dari daun pisang? berikut ulasannya silahkan disimak.

Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Daun Pisang Baik untuk Kecantikan Kulit
Daun pisang yang kaya akan kandungan allantolin bahan ini dimanafaatkan sebagai bahan campuran dalam krim kecantikan. Kandungan bahan aktif allantolin yang begitu tinggi pada daun pisang bermanfaat untuk mengobati, peradangan, iritasi kulit, dan dapat membunuh kuman. Kandungan allantolin pada daun pisang mampu meningkatkan pertumbuhan sel-sep kulit baru.

2. Sebagai Ramuan Obat Luka dan Ketombe
Daun pisang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami dalam menyembuhkan luka kecil pada kulit. Daun pisang tak hanya mengobati luka kecil, bagi anda yang mengalami masalah dengan kulit kepala daun pisang terbukti ampuh dalam mengatasi hal demikian, cara meramu daun pisang ini dapat membuat 1 gelas jus sari daun pisang segar dan gunakan secara rutin dalam mengatasi gangguan kulit. Sedangkan untuk mengobati luka bakar kulit karena sengatan sinar matahari, rendam dengan air lalu usapa pada kulit.

3. Obat Alami Pereda Demam
Manfaat daun pisang dapat dipakai obat penghilang demam. Adapun jenis daun pisang yang dipakai yakni daun pisang yang masih hijau (puncuk daun Pisang) cara penggunaannya ambil 1 pelepah daun pisang bersihkan lalu oleskan minyak kelapa pada permukaanya. Selanjutnya rekatkan daun tersebut pada dahi, punggung, perut dan leher pada orang yang sakit, diamkan selama 30 menit. Daun pisang yang kaya akan polifenol sangat baik dalam meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga dapat dimanfaatkan dalam meredakan suhu tubuh orang sakit.

4. Sebagai Obat Penetralisir Racun Serangga
Apabila anda terkena gigitan serangga beracun gunakanlah daun pisang dalam mengatasinya, karena pada daun pisang memiliki sifat obat dalam menetralisir racun yang disebabkan oleh gigitan serangga seperti laba laba, lebah dan serangga berbahaya lainya.

Manfaat Lain dari daun Pisang

5. Mengkilapkan Batu Akik
Untuk mengkilapkan batu akik pergunakan daun pisang yang sudah kering, Simpan daun pisang diatas menja kemudian alasi dengan koran bekas yang telah dilipat, lau gosokkan secara perlahan batu permata anda akan tetapi dalam proses penggosakannya harus menggunakan tehnik yakni dengan cara satu arah, Jika daun pisang sobek anda bisa mengantinya dengan yang baru. Hasilnya bisa anda lihat, Pasa dasarnya daun pisang sangat ampuh dalam mengikilapkan permata terntunya jika rutin menggosok batu akik dengan daun pisang.

6. Bahan Pembungkus Makanan
Manfaat daun pisang yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi. Sangat populer dalam kehidupan sehari-hari yang sudah digunakan oleh masyarakat Indoneisia. Akan tetapi tahukah Anda bahwa daun pisang kaya akan polifenol. Senyawa ini juga terdapat pada daun teh sehingga dapat menjadikan teh mengeluarkan aroma yang khas. Maka dari itu segala jenis makanan yang dibungkus dengan daun pisang memiliki cita rasa dan aroma yang khas, ramah lingkungan dan lebih aman ketimbang makanan yang dibungkus dengan kertas atau plastik.

Nah itulah 6 manfaat daun pisang.

Disarankan Untuk Anda:

2 Responses to "Manfaat Sehat Daun Pisang Dalam Kehidupan Sehari-hari"

  1. selamat pagi pak admin salam sukese terus ,terima kasih atas informasinya http://goo.gl/RJLXiC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks, terima kasih atas kunjungannya, semoga anda bisa menarik kesimpulan dari apa yg telah anda baca di blog ini

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel