Mengenal 6 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

BloggerBugis - Bawang adalah salah satu jenis sayuran yang banyak kita temui. Bawang banyak di manfaatkan sebagai penyedap makanan atau bumbu pelengkap dalam masakan. Hampir seluruh jenis masakan di Indonesia, selalu menggunakan bawang sebagai bahan peyedap rasa.

Tahukah anda dibalik aroma dan rasa yang dimiliki oleh bawang ternyata kaya sulfur, sulfur adalah senyawa yang memiliki peranan penting pada bau yang menyengat, akan tetapi di balik oromanya yang menyengatkan ternyata bawang mempunyai manfaat dan khasiat yang begitu baik untuk kesehatan tubuh. Nah sahabat blogger bugis yuk simak Manfaat enam manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh diantaranya.

Manfaat Bawang Merah

Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh

6. Manfaat Kardiovaskular
Terdapatnya kandungan senyawa Sulfur pada bawang merah yang berfungsi sebagai anti pembekuan, serta membantu terjadinya penggumpalan sel-sel darah dalam tubuh. Sulfur pun dipercaya mampu menurunkan kolesterol serta meningkatkan fungsi membran sel pada sel darah merah. Manfaat bawang yang paling utama adalah dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

5. Baik Untuk Tulang
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bawang merah bisa membantu menambah kepadatan tulang, dan bisa saja mempunyai manfaat baik bagi wanita usia menopause, Ada bukti bahwa wanita yang sudah memasuki usia menopause, sangat mudah terkena resiko sakit pada bagian pinggul akan tetapi dengan mengonsumsi bawang merah. Kandungan sulfur yang tinggi yang dimikili oleh bawang memberikan manfaat pada jaringan ikat, terdapat banyak komponen jaringan ikat seseorang dan kandungan sulfur sangat baik dalam membantu proses pembentukan.

4. Anti Inflamasi dan Meningkatkan Sistem Imun
Bawang merah adalah sejenis sayuran berfungsi sebagai anti inflamasi. Terdapat molekul-molekul sulfur unik yang terdapat pada umbi bawang merah, sangat manjur dalam menghambat peregerakan sel-sel darah putih/makrofag yang mempunyai peran penting dalam kekebalan tubuh. Mengonsumsi bawang merah setiap hari sangat baik bagi kesehatan utamanya dalam membentuk sistem imun tubuh.

3. Melindungi tubuh dari serangan Kanker
Bawang merah sudah terbukti dalam menurunkan resiko terkena kanker, bahkan mengkonsumsi bawang merah dalam jumlah sedikit saja. Salah satu jenis kanker yang berbahaya adalah kanker ovarium yang menyerang wanita, dengan mengonsumsi bawang merah hal mampu melindungi tubuh dari serangan kanker yang mematikan.

2. Baik Untuk Rambut Dan Kulit Kepala
Bawang kaya akan sulfur mampu memperkuat rambut dan meningkatkan sirkulasi darah. Cukup dengan membuat membuat jus bawang merah dan berikan pijatlah kulit kepala, bahkan dapat terjadi pertumbuhan rambut baru.

Anda dapat menghilangkan ketombe dengan jus bawang merah. caranya campur jus bawang dengan air perasan jeruk nipis dab tambahkan beberapa tetes madu. Oles pada rambut dan diamkan selama 30 menit, bilas dengan Shampo.

1. Manfaat Kesehatan lainnya
Bawang merah sangat baik dalam menjaga keseimbangan gula darah serta dapat mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Seiring dengan senyawa quercetin flavonoid dan sulfur yang terdapat pada bawang merah, sangat bermanfaat sebagai antibakteri.

Nah itulah 6 manfaat dan khasiat bawang merah bagi kesehatan tubuh, Jadi Mulai dari sekarang janganlah merasa ragu untuk mengonsumsi bawang merah, karena dibalik rasa dan aromanya tedapat sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Silahkan Like, G+ and Twitt artikel ini jika Bermanfaat.

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "Mengenal 6 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel