6 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Perut Kembung

Blogger Bugis - Perut kembung adalah kondisi di mana seseorang merasa perutnya penuh dan kencang. Selain itu, perut kembung akan tampak membesar. Nah jika perut sudah kembung, hal demikian dapat memicu adanya gas di perut, dan tentunya anda akan merasa mual dan mulas, lebih mudah bersendawa serta seseorang akan lebih mudah buang angin atau kentut. perut tak hanya membuat perasaan tak nyaman, perut kembung adalah salah satu penyebab kurang percaya diri saat berada di hadapan orang.

Perut kembung begitu erat kaitannya dengan menu makanan dan minuman serta cara Anda mengonsumsinya. Jika terjadi perubahan pada saat makan serta juga menu makanan dan minuman kadang kala dapat membantu. Berikut ini pejelasn singkat tentang beberapa hal yang dapat menyebabkan perut kembung antara lain:

Menelan udara, Makan terlalu cepat, Minum terlalu cepat dengan memakai sedotan, Bicara sambil makan Mengunyah permen karet, Mengisap permen yang keras, Minum minuman bersoda, Merokok.

Tips Ampuh Untuk Mengatasi Perut Kembung

Peyebab Gejala dan Tips Atasi Perut Kembung

Beberapa kondisi medis Pemicu perut kembung seperti :
Gangguan pencernaan misal infeksi, Penyakit celiac, Intoleransi laktosa, Kanker usus besar, Penyakit Crohn, Batu empedu, Gangguan pada pankreas, Nyeri ulu hati, Penyakit asam lambung dan Kanker ovarium.

Penyebab lainya yang dapat menyebakan perut kembung selain beberapa penyebab yang telah dijelaskan di atas seperti :
Kehamilan, Kegemukan, Perubahan level hormon pada wanita sebelum menstruasi, Merasa stres atau cemas. Lantas, bagaimana untuk mengatasi masalah perut kembung ini? nah sahabat blogger bugis berikut ini adalah cara ampuh untuk mengatasi perut kembung.

1. Perbanyak Makan Sayur Dan Buah
Agar perut kembung dapat teratasi dan sembuh, sebaiknya mulai dari sekarang memperbanyak mengomsmsi buah dan sayur. Namun hal perlu anda ingat adalah pastikan untuk memakan buah dan sayur yang tak banyak mengandung zat asam serta menghasilkan gas karena hal demikian dapat menjadikan pencernaan anda akan lebih bermasalah.

Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak dan Berprotein
Jika anda ingin mengurangi bau saat buang agin/ketut yang diakibatkan oleh perut kembung, sebaiknya anda menghindari atau mengurangi memakan makanan berprotein begitu juga dengan makanan yang banyak mengadung lemak. Untuk sementara hindari konsumsi daging, ikan dan telur sampai kondisi perut kembung anda sembuh total.

2 Konsumsi Biji Adas
Saat Anda menderita perut kembung, untuk mengatasinya konsumsilah biji adas 2 sampai 4 biji. Menurut beberapa hasil studi menyatakan bahwa makan biji adas dapat menyembuhkan perut kembung serta buah ini sangat baik bagi pencernaan. Selain dapat menyembuhkan perut kembung, biji adas sejak zaman dahulu sudah dikenal sebagai obat tradisional yang dapat meyembuhkan beranekan penyakit.

3. Berjalan Setelah Makan
Berjalan sehabis makan sangat baik dalam meningkatkan sistem pencernaan serta membantu megolah makanan yang masuk kedalam di perut. Jadi, tak perlu heran bila dengan berjalan dapat membantu anda dalam mengatasi perut kembung yang anda derita.

4. Hindari Minuman bersoda dan Jus Kemasan
Tidak sedikit orang yang berangnganggapan bahwa jika minuman jus dan sodah kemasan dapat mengobati perut kembung. Akan tetapi faktanya anggapan demikan tidak benar. Kandungan nutrisi dan senyawa pada minuman jus dan soda kemasan justru dikatakan bisa memicu perut kembung lebih parah. Jadi, usahakan untuk tidak minum soda atau jus kemasan saat Anda mengalami kembung.

5. Buat Minuman Herbal
Minuma herbal seperti olahan jahe/sarabba, cengkeh dan kunyit ataupun madu merupakann jenis minuman yang baik dalam mengatasi perut kembung. Nah, jadi jika Anda terkena perut kembung, sebaiknya jika anda meminum minuman herbal diatas anda dapat membelinya di warung-warung dekat rumah ataukah membuat minuman herbal sendiri di rumah.

6. Minum Air Hangat
Jika ingin kembung dapat teratasi dengan cepat, sangat dianjurkan untuk memperbanya minum air hangat atau air putih mimilal delapan gelas dalam sehari. Ingat asupan air putih yang cukup pada tubuh dipercaya dapat meminimalisir pembentukan gas dalam perut atau dapat meyembuhkan perut kembung.

Nah sahabat sehat blogger bugis demikian ulasan saya tetang beberapa tips atau cara mengatasi perut kembung. Akan tetapi jika cara-cara diatas Anda sudah terapkan dan masih saja tak ada perubahan atau tak sembuh juga, sebaiknya periksakan diri Anda pada ahlinya/ konsultasi pada dokter. Meskipun perut kembung hanyalah masalah yang kadang dianggap sepele, akan tetapi tidak menutup kemungkinan perut kembung adalah gejala penyakit berat yang dapat menyerang kita kapan saja.

Suka dengan artikel di atas? nggak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email:

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "6 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Perut Kembung"

Posting Komentar