6 Cara Membuat Batu Akik Lebih Mengkilap dan Berkilau

BloggerBugis - Mengkilapkan batu akik atau batu permata adalah salah satu kegiatan yang mengasikkan/meyenangkan dan kadang dilakukan oleh para penggemar batu permata di kala ada waktu senggang. Keindahan yang dimiliki oleh batu permata adalah faktor utama yang menjadikannya mempunyai nilai atau harga jual yang sangat tinggi, maka dari itu supaya permata senantiasa menampakkan keindahannya tentunya dibutuhkan perawatan secara rutin supaya keindahan batu permata tidak kusam dan memudar.

Batu akik adalah aksesoris yang dapat dijadikan perhiasan pada jari tangan, telinga maupun menjadi hiasan leher. Batu akik adalah aksesoris baru yang sekarang ini semakin banyak peminatnya baik tua maupun muda. Mulai dari harga ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah, jadi tak heran jik sekarang ini banyak pengoleksi batu permata.

Cara Membuat Batu Akik Lebih Mengkilap dan Berkilau

Mengkilapkan Batu Akik/Batu Mulia

Nah bagi Anda para kolektor batu akik terdapat beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk menjadikan batu akik anda semakin mengkilap dan indah dengan cara sederhana, di bawah ini cara-cara yang dapat anda lakukan supaya batu permata tambah mengkilap serta tidak mengakibatkan kerusakan jika anda mencoba mengkipakannya selengkapnya simak 6 tips mengkilapkan batu akik:

1. MEMANFAATKAN SERBUK INTAN

Serbuk Intan

Menggunakan serbuk intan kerap digunakan oleh para pedagang batu akik maupun penjual perhiasan untuk menjadikannya makin berkilau dan mengkilap tak lain dengan tujuan untuk menarik perhatian calon pembeli. Memanfaatkan serbuk intan tentunya akan menjadikan batu akik halus dan berkilau.

2. MENGOSOK BATU DENGAN BAMBU

bambu pengkilap batu

Tidak dipungkiri apabila batu akik pada sebuah cincin yang terpasang dijari kerap tampak kotor serta kadang tak begitu mengkilap bahkan dapat tergores. Nah terdapat cara mudah dan gampang untuk menjadikan batu akik kembali mengkilap yakni dengan memanfaatkan bambu. Caranya yakni dengan memakai bambu yang masih muda gosokkan pada bagian dalamnya bambu untuk menggosok batu permata yang anda miliki.

3. MENGGUNAKAN KAIN LEVIS/KAIN GONI

Untuk mengkilapkan batu akik anda pun dapat menggunakan kain berbahan kasar misal kain levis bekas atau memanfaat serat karung goni. Gosokkan kain kasar secara berulang ulang pada batu akik kesayangan anda, maka batu akik anda akan mengkilap kembali serta akan terlihat tambah berkilau.

4. MENGKILAPKAN PERMATA DENGAN DAUN PISANG

Daun pisang kering atau dalam bahasa makassar disebut leko unti/raung utti/loka ini ternyata pun dapat menjadikan batu akik kembali kinclong dan mengkilap.

Daun Pisang

Memanfaatkan daun pisang kering caranya cukup dengan menyiapkan selembar daun pisang kering kemudian bagian bawahnya diberi alas yang lembut selajutnya gosokkan batu akik anda secara berulang sampai tampak mengkilap.

5. MENGGUNAKAN ALUMINIUM FOIL

Memanfaatkan Aluminium Foil (anda dapat membelinya di toko bahan banguan) atau jika tidak ada anda dapat memanfaakan kertas bagian dalam pembungkus rakok, caranya pun tergolong mudah cukup dengan menggosoknya, terapkan secara perlahan dengan tidak menekan batu terlalu keras. Pakailaj alas yang lembut misal karet atau bahan yang tidak mejadikan batu tertekan.

6. MENGGUNAKAN KULIT BEKAS

Menggosok batu dengan memanfaatkan kulit yang tidak kasar misalnya dengan memanfaatkan tas kulit bekas, dompet kulit bekas, sepatu atau sandal kulit yang sudah tidak terpakai adalah salah satu cara memgkilapkan batu akik, cara cukup dengan menggosokkan batu akik Anda secara berulang-ulang maka batu akan kembali mengkilap.

Dari ke enam cara diatas berlaku untuk permata yang telah dibentuk dan permukaannya masih belum halus atau rata serta belum mengkilap secara permanent. Akan tetapi alangkah baiknya sebelum menerpakan cara diatas kenali karakter batu yang Anda miliki, karena pada beberapa permatan kadang mudah termakan saat digosok dengan bahan pengkilap, sebaiknya dalam mengkilapkan permata supaya tidak terburu-buru kadang memelukan waktu yang lama utuk mendapatkan hasil maksimal.

Nah itulah beberapa cara sederhana yang dapat Anda terapkan untuk menjadiak batu akik anda tamba berkilau dan mengkilap. Sebenarnya masih terdapat banyak cara-cara lain yang dapat kita tempuh untuk mengkilapkan batu akik/batu permata buram dan kusam akibat goresan, tak terawat atau kotor. Kadang kala batu akik yang sudah berumur tidak mendapat perwatan maka akan terlihat gelap serta tak memantulkan cahaya.

Disarankan Untuk Anda:

6 Responses to "6 Cara Membuat Batu Akik Lebih Mengkilap dan Berkilau"

  1. salam berbagi info salam sukses goo.gl/Rmeey3

    BalasHapus
  2. thanks buat infonya gan, sangat bermanfaat
    http://goo.gl/kHgLVE

    BalasHapus
  3. Ternyata dengan daun pisang juga bisa mengkilapkan batu akikk, saya baru tahu, bisa di cobain nih, makasih atas infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mas bro,semoga batu permatanya makin kinclong

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel