Daftar Menu Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol Tinggi

Bloggersbugis - Satu lagi informasi kesehatan yang mungkin saja dapat berguna untuk anda, dimana pada kesempatan ini admin bakal membahas tentang makanan dan minuman penurun kolesterol.

Terdapatnya asumsi mengenai tingginya kolesterol dalam darah hanya bisa dialami pada usia lanjut ataukah mereka yang usianya 40 ketas, walau demikian hal demikian tak menutup kemungkinan bahwa kolesterol tinggi dapat terjadi pada usia muda, bahkan juga di usia belasan tahun.

Nah berikut ini Beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol adalah sebagai berikut :

Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol

Makanan Dan Buah Penurun Kolesterol Tinggi


1. BAWANG PUTIH
Mengkonsumsi bawang putih setengah hingga satu siung sehari secara kontinyu selama sebulan dapat menurunkan kolesterol sekitar 9%. Harap dosisnya di perhatikan dengan benar, karena Bila terlampau banyak, tak baik untuk kesehatan.

Konsumsi kian lebih tiga siung sehari-hari bisa menyebabkan diare, kentut, sebah, serta demam. Bahkan juga dapat menimbulkan perdarahan lambung. Salah satu zat antikolesterol paling kuat pada bawang putih yaitu ajoene. Senyawa ini dapat juga mencegah penggumpalan darah. Meskipun bawang putih dimasak, kandungan senyawa ini tidak rusak.

2. TEMPE
Sekalipun berasal dari rumpun kacang kacangan, tempe sangatlah ampuh dalam turunkan kolesterol. Tempe mempunyai kandungan niacin yang dapat turunkan kolesterol. Tempe memiliki kandungan niacin 5 kali lebih banyak dari pada kedelai. Selain juga memiliki kandungan isoflavon yang telah teruji dapat menurunkan kolesterol.

3. TEH
Menurut riset, EGCG (epigallocatechin gallate), yakni komponen bioaktif paling dominan dalam teh dapat dibuktikan dapat mencegah percepatan oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Berarti dengan mengkonsumsi teh setiap hari dalam jumlah yang wajar, resiko penyumbatan pembuluh darah pemicu penyakit jantung bisa dikurangi.

4. BUAH ANGGUR
Buah anggur Selain kaya kandungan serat, didalam buah anggur ini ada juga beberapa zat catechin yang sangatlah baik dalam menurunkan kolesterol. Komsumsi buah Anggur setelah makan siang benar-benar efektif menurunkan kolesterol dalam tubuh.

5. BUAH APEL
Buah yang satu ini sangatlah populer kaya serat serta zat anti-oksidan. Sudah tentu apel juga kaya vitamin C. Oleh karena itu, apel dapat pula dihandalkan sebagai penurun kolesterol. Sebaiknya apel dikonsumsi beserta kulitnya, lantaran di kulit inilah ada kandungan pektin (serat larut yang ampuh sekali dalam turunkan kadar kolesterol) dan anti-oksidan paling banyak.

6. BUAH AVOKAD/ALPUKAT
Sampai kini avokad di kenal kaya akan lemak. Tidak heran bila buah ini senantiasa dijauhi pada saat kolesterol sedang tinggi, walau sebenarnya avokad sangatlah baik untuk turunkan kolesterol. Buah ini memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat.

7. BUAH BLUEBERRY
Buah blueberry mungkin saja bisa jadikan salah satu penyembuhan alternatif dalam menurunkan kolesterol di tubuh kita. Menurut riset yang dilakukan para pakar di Amerika dengan memanfaatkan binatang pengerat memberikan hasil yang memuaskan dalam menurunkan kolesterol. Riset yang lain pada blueberry, megungkapkn bahwa Pterostilbene mungkin saja dapat juga membantu melawan kanker dan diabetes bakan bisa mencegah kegemukan dan penyakit jantung.

8. IKAN
Ikan sangatlah kaya akan omega3. Selain bisa menurunkan kandungan kolesterol dalam darah, asam lemak ini dapat menghindar terjadinya pengumpulan keping-keping darah yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Habitat ikan memengaruhi kandungan zat gizi ikan. Ikan air tawar kaya karbohidrat dan protein, sedang ikan laut kaya lemak tak jenuh, vitamin dan mineral.

Tips menurunkan kolesterol

Jauhi atau kurangi konsumsi makanan dan minuman berminyak, berlemak, serta mempunyai kandungan kolesterol tinggi. Misal : udang, kerang, jeroan, kepiting, daging, santan, kacang-kacangan, margarin, cokelat, minyak, dan gula.

Agar kolesterol tak menumpuk maka harus dikeluarkan secara paksa. Caranya dengan banyak melakukan aktivitas fisik. Lakukan olahraga teratur minimum 20 menit setiap hari. Memperbanyak mengkonsumsi makanan serta minuman yang bisa turunkan kandungan kolesterol. Semua buah serta sayuran memiliki kandungan serat. Jadi, semua buah dan sayuran juga dapat menurunkan kolesterol.

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "Daftar Menu Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel