Mengenal Jenis-jenis Jeruk dan Manfaatnya

Blogger Bugis - Menurut catatan sejarah, buah jeruk atau Citrus sp adalah buah yang berasal dari Asia yakni daratan Cina, di negara inilah jeruk dipercayai sebagai Asal pertama kali tumbuhnya. Dan saat ini tanaman jeruk sudah dapat ditemukan dimanana saja dan sudah tersebar luas keseluruh pelosok di bumi dan jeruk adalah sala satu buah yang sangat popular dan digemari oleh semua kalangan.

Tedapat banyak Varietas jeruk, dan untuk tiap-tiap jenisnya memiliki karakteristik dan ciri khas tersendiri. Dari segi rasa jeruk dikelompokkan kedalam dua bahagian yanki jeruk manis dan jeruk masam, jeruk manis dapat dimakan secara lansung atau dijadikan buah meja, dan jeruk rasanya masam paling bagus dijadikan juice. Akan tetapi beberapa jenis jeruk lainya kulitnya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Berikut rangkuman aneka jenis jeruk dan manfaatnya.

Jenis jenis jeruk dan Manfaat Jeruk

10 Jenis Jeruk dan Manfaat Jeruk


Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia)
Jenis jeruk ini banyak dimanfaatkan airnya sebagai bumbu masak atau campuran minuman. Aneka punch, shorbet serta cocktail terasa lebih segar dengan memberikan air perasan jeruk nipis. ciri dari jeruk ini warna kulit buahnya hijau mengkilat, daging buah berwaran putih agar kekuningan serta citarasanya sangat masam.

Jeruk Purut (Kaffir lime)
Bentuknya unik dengan permukaan kulitnya penuh dengan kerutan, kadar air pada jeruk purut sedikit hingga orang hanya memanfaatkan kulitnya untuk pengharum masakan. Aromanya harum serta bisa kurangi bau amis pada olahan ikan dan daging.

Jeruk Lemon
Hampir mirip jeruk nipis akan tetapi warna kulitnya agak menguning mengkilat, memiliki bentuk menyerupai telur (oval) dan rasanya yang asam. Jeruk Lemon banyak dipakai pada masakan ataupun minuman. Kulit buahnya kerapkali dimanfaatkanuntuk campuran kue, cookies ataupun minuman segar supaya aroma tambah harum.

Jeruk Limau
Dilihat dari segi ukuranya agak kecil dari jeruk nipis, aroma buahnya harum serta rasanya asam. Sangatlah cocok untuk olahan seafood ataupun kombinasi bermacam sambal.

Jeruk Tangelo
Adalah jeruk hibrida varietas baru, rasanya manis serta sedikit berair, kulit buahnya gampang dikupas serta jumlah biji yang sedikit, jeruk tangelesangat cocok dijadikan buah pencuci mulut sehabis makan siang.

Jeruk Lemon Cui
Masyarakat Manado dan orang Cina banyak menggunakan jeruk cui untuk campuran acar, olahan seafood atau sambal. Struktur kulit buahnya berwarna hijau kekuningan, dan arasanya asam serta kaya akan air.

Jeruk Kumquat
Memiliki bentuk mini dan sedikit memiliki kandungan air. Kulit buahnya yang agaktebal hingga banyak digunakan untuk campuran masakan, preserved, pickle,ataupun marmalade.

Jeruk Mandarin
Kulit buah gampang dikupas, rasanya yang begitu manis serta banya mengandung air, buah ini banyak dikonsumsi sebagai buah segar serta daging buahnya kadang diawetkan dalam bentuk kaleng.

Jeruk Grapefruit
Ukuranya lebih besar dibangkan jeruk mandarin. Kulit buahnya agak kuning mengkilat dengan daging buahnya agak merah dan kekuningan. Sangat cocok untuk jus atau fruit comppote lantaran banyak mengandung air serta rasanya yang asam dominan.

Jeruk Seville Orange
Kulit buahnya sangatlah sulit dikupas hingga tak cocok untuk buah meja, namun rasanya manis serta tergolong unik karena jenis jeruk initanpa biji, banyak dimanfaatkan juga sebagai bahan baku marmalade, selai ataupun jelly.

Manfaat Terkandung pada Buah Jeruk

Secara umum buah jeruk kaya akan vitamin serta mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti yang terkandung dalam jeruk manis, dalam setiap 100 gramnya terdapat protein 0. 9 gram, kalori 51 kal, lemak 0. 2 g, karbohidrat 11. 4 g, kalsium 33 mg, mineral 0. 5 g, fosfor 23 mg, serta asam askorbat 49 mg dan besi 0. 4 mg.

Tidak hanya kaya akan gizi dan zat kimia terkandung didalamnya seperti bioflanid, minyak asam sitrat, linalin asetat, atsiri limonen, serta fellandren diakui bisa mengobati batuk rejan, menurunkan demam, tingkatkan g*irah s*ksu*l dan membuat suara jadi merdu.

Berikut cara meramuanya :
Gejala Flu di sertai Batuk
Campur dua sendok air jeruk nipis, satu sdm madu murni serta daua tetes minyak kayu putih, aduklah sampai rata dan minum dau hari sekali.

Menambah Gair*h S*ksual
Ambillah dau sdm air jeruk nipis, satu biji telur ayam kampung ambil kuningnya saja, ¼ sdm lada hitam serta satu sdm madu Asli. dan aduk sampai rata dan minum 3 hari sekali.

Jeruk baik untuk jadikan nada merdu
Siapkan tiga sendok air perasan jeruk nipis, lalau campur dengan ¼ sendok kapur sirih yang sudah dilarutkan. aduk sampai rata dan minumlah ramuan ini selama 2 minggu sekali dan lihat hasilnya.

Menurunkan Demam
Siapak lima buah jeruk nipis lalu kukus, selanjutnya potong jadi 2, perasdan ambil airnya saja. Campur dengan satu sdm ragi tape dan satu siung bawang merah parut. Poleskan pada bagian dada dan perut.

Buah jeruk juga dapat dimanfaatkan dalam menghilangkan kumis tipis pada kaum perempuan Baca cara alami mengilangkan Kumis dan Jeruk sebagai obat Wasir, bagi anda yang menderita wasir silahkan coba dengan memanfaatkan buah jeruk Baca: Ramuan Alami Untuk Menyembuhkan Wasir dan Untuk lebih jelasnya ulasan mengenai manfaat dari Daun dan buah jeruk silahkan baca: Manfaat Daun dan Buah Jeruk sebagai Obat Tradisional.

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "Mengenal Jenis-jenis Jeruk dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel