Manfaat Buah Mengkudu dalam Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Blogger Bugis - Mengkudu atau dalam bahasa latinnya Morinda citrifolia, Tanaman ini tumbuh di dataran rendah sampai pada ketinggian 1500 mdpl. Pohon mengkudu tidaklah terlalu besar, tinggi pohon mengkudu mencapai 5-12 meter, batangnya yang bengkok menjadi ciri khas tanaman ini, mengkudu memiliki bunga bongkol dengan warna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda warnanya hijau mengkilap dan mempunyai totol atau bintik-bintik pada buahnya, dan saat sudah matang akan berubah warna jadi putih dengan bintik hitam pada kulit buahnya.

Apa Nama lain dari Buah Mengkudu?
Nama lain dari Mengkudu begitu bevariasi seperti jika di Aceh buah ini dikenal dengan sebutan keumeudee, jawa dikenal dengan nama buah kemudu, pace, kudu, orang sunda meyebutnya sebagai buah cangkudu, maysarakat bali menjulukinya dengan nama buah tibah, sedangkan di sulawesi orang bugis meyebutnya dengan nama buah baja, dan untuk beberapa negara dikawasan asia tenggara buah mengkudu ini dikenal dengan sebutan buah Noni (Hawai), Ach dalam bahasa Hindi, Ungcoikon dalam bahasa Myanmar dan mungkin ada nama-nama lain dari bebagai daerah didunia ini.

Bagaimana sih rasa dari buah Mengkudu?
Hmm bercerita mengenai rasa dan aroma dari buah mengkudu, baunya sungguh menyengat dan tak sedap. Akan tetapi buah yang satu ini sudah lama dikenal sebagai buah berkhasiat mengobati berbagai penyakit, mulai penyakit ringan sampai penyakit kronis.

Manfaat Buah Mengkudu dalam Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Mengobati Berbagai Macam Penyakit dengan Buah Mengkudu


Kandungan apa sajakah yang dimiliki oleh Buah Mengkudu?
Mengkudu kaya akan nutrisi yang cukup lengkap salah satunya yaitu zat nutrisi yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh, kandungan lain buah Mengkudu kaya akan protein, vitamin, dan mineral penting. Selenium yang terdapat dalam buah mengkudu merupakan zat anti-oksidan yang hebat

Kandungan yang terdapat pada buah Mengkudu yaitu Zat Terpenoid. Zat Terpenoid berguna dalam membantu proses sintesis organik dan juga berguna dalam memulihankan sel-sel pada tubuh.

Pada buah mengkudu terdapat Kandungan zat anti kanker yang sangat efektif untuk melawan pembentukan sel abnormal.

Pada buah mengkudu terdapat zat aktif pada sari buahnya tentunya benar-benar bermanfaat dalam mematikan bakteri sebagai pemicu infeksi, contohnya adalah Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtilis.

Penyakit apasajakah yang dapat diobati oleh buah mengkudu? untuk lebih detilnya silakan disimak ulasan manfaat dan cara mengolah buah mengkudu dalam mengobati berbagai jenis penyakit :

Hipertensi atau tekanan darah tinggi
Ambillah 2 buah mengkudu yang sudah masak dipohon dan 1 sendok makan madu. Langkah membuatnya, buah mengkudu diperas untuk di ambil airnya, lalu digabung dengan madu hingga rata serta disaring. Diminum teratur dua hari sekali.

Sakit Perut
Bahan siapkan 3-5 lembar daun mengkudu. Cara membuatnya daun dihaluskan dengan cara ditumbuk, campurkan sedikit garam dan seduh dengan air panas. Setelah dingin, disaring dan minum.

Menghilangkan Sisik pada Kaki
Ambillah buah mengkudu yang sudah masak pohon. Cara menggunakan, bagian kaki yang bersisik di gosok dengan buah mengkudu tersebut hingga merata, dan dibiarkan selama 10-15 menit, lalu dibersihkan dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat lakukan secarateratur setiap hari.

Masuk Angin dan Infuenza (Demam)
Siapkan satu buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Caranya, kedua bahan itu di rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai tersisa satu gelas, lalu disaring. setelah dingin airnya diminum dua kali sehari setiap pagi dan sore hari.

Daya tahan tubuh
Buah mengkudu mempunyai keseimbangan sempurna dari vitamin, peptida, mineral, asam amino serta enzim. Kesemua nutrisi yang terdapat amat baik untuk meningkatkan sistim kekebalan tubuh. Riset menunjukan bahwa minum jus mengkudu bisa membantu melindungi tubuh dari resiko radikal bebas. Karena buah mengkudu kaya anti-oksidan alami yakni vitamin E dan koenzim Q10 yang dibutuhkan tubuh.

Anti inflamasi
Sari buah mengkudu mempunyai karakter anti inflamasi yang sudah terbukti dapat menghambat terjadinya peradangan. Juga menurunkan resiko terkena serangan jantung.

Analgesik
Buah mengkudu di kenal juga sebagai obat pembasmi rasa sakit dan daunnya dapat dipakai untuk meredam sakit kepala. Sejak dahulu kala nenek moyak kita sudah memanfaatkan daun buah mengkudu sebagai obat alami untuk meredakan nyeri sendi. Mengkudu mempunyai kandungan analgesik sekitar 75 Persen yang efisien sebagai dalam mengurangi nyeri pada persendian.

Melawan kuman
Kandungan senyawa seperti antrakuinon, skopoletin yang terdapat pada buah mengkudu mempunyai karakter anti jamur serta antibakteri dam antiparasit yang baik untuk memelihara kesehatan kulit serta tubuh.

Anti kanker
Riset sudah menjelaskan terdapatnya senyawa 2-methoxy-1, 3-6-trihydroxyanthraquinone dalam buah mengkudu yang baik untuk mencegah rusaknya DNA dan kanker serta baik untuk memelihara sel-sel sehat dalam tubuh.

Mengobati Sakit Kuning
Siapkan 2 buah mengkudu masak dari pohon serta madu. Kemudian buah mengkudu di ambil dulu airnya lewat cara diperas, lalu wadah penampung air perasan digabung dengan madu sampai rata. Saring air kombinasi bahan ini lantas minum satu hari 2 x.

Mengontrol Tekanan Darah
Makan buah mengkudu berbentuk jus, buah segar atau suplemen sangatlah disarankan, lantaran kandungan nutrisinya dapat mencegah terkena hipertensi. Tekanan darah menjadi lebih stabil.

Mengobati Batuk
Anda dapat meramu mengkudu untuk meringankan batuk yang menyiksa. Caranya yaitu merebus satu buah mengkudu masak dan 1 genggam daun bujanggut dalam dua gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Air disaring dua kali, tunggulah dingin selanjutnya minum ramuan ini sehari dua kali sampai sembuh.

Menormalkan Tekanan Darah
Buah mengkudu ini dapat juga menurunkan darah tinggi. Hal itu dikarenakan ada zat Fitonutrien scopoletin yang berperan memperlebar pembuluh darah. Akibatnya jantung itu tidak bisa kerja keras, hingga bisa menormalkan tekanan darah.

Mengobati Tumor Dan Kanker
Zat Aktif dalam buah mengkudu yang bisa menghambat sel kanker dan tumor. Lantaran suplai terhambat, maka tumor dan kanker bisa dimatikan.

Memperlancar pencernaan
Menkonsumsi buah mengkudu secara teratur juga dapat memperlancar pencernaan. Penyakit seperti, perut kembung, muntah, luka pada usus halus dan radang lambung dapat diobati dengan buah mengkudu.

Manfaat Mengkudu Sebagai Obat Lainnya:
Perut kembung, Luka pada usus halus, Radang lambung, Muntah-muntah, Keracunan makanan, Batuk TBC, Radang tenggorokan, Bronchitis, Kolera, Demam, Asma, Menurunkan kolesterol, Penebalan otot jantung, Peningkat transportasi oksigen dalam sel, Luka bakar, Kudis, Bisul, Cacing kulit, Selulit, Kurap, Radang pada kulit, Borok, Gusi berdarah, Sakit gigi, Sariawan, Siklus haid tidak teratur, Mencegah penuaan, Diabetes Hepatitis kronis, Sakit pinggul, Gangguan ginjal, Sakit kepala Kencing batu Dan masih banyak lagi.
Sungguh luar biasa manfaat buah mengkudu bagi kesehatan ini. Jadi mulai saat ini Anda janganlah ragu untuk mengonsumsi buah mengkudu, Mengkudu yaitu salah satu Tumbuhan Obat Keluarga (TOGA) yang mudah dibudidayakan di kebun dekat rumah.

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "Manfaat Buah Mengkudu dalam Mengobati Berbagai Macam Penyakit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel