Mengenal Manfaat Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan

Blogger Bugis - Tumbuhan Salam adalah nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan sebagai bahan peyedap rasa pada makanan. Nama ilmiahnya tanaman salam adalah Syzygium polyanthum sedangkan untuk bahasa Inggris dikenal sebagai bay leaf dan Indonesia daun salam juga dikenal sebagai laurel.

Kegunaan daun salam yang selama ini kita tahu hanya indentik dengan masakan saya, yakni sebagai penyedap rasa. Daun salam sebagai rempah sangat dikenal mempunyai aroma yang khas dan kerap disandingkan bersama loas, ketumbar dan lengkuas. Dan bukan hanya di Negara Kita, hampir semua negara mengenal fungsi daun salam sebagai bahan pelengkap bumbu dapur terlebih di negara bagian Asia.

Pohon salam merupakan pohon yang ukuran batangnya sedang dan memikiki warna coklat kemera-merahan, batangnya dapat digunakan untuk pelengkapan rumah tangga, misal di buat tiang peyangga rumah, dan alat mebel. Dan yang paling banyak diambil adalah manfaat dari pohonnya adalah daunnya saja kerena mengandung khasiat sebagai obat yang dijadikan minyak atsiri. Sebenarya buah pohon salam dapat dikonsumsi akan tetapi masih sedikit orang yang mengetahuinya.

Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan

Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan


Secara tradisional daun salam dimanfaatkan dalam mengobati sakit perut kerena diare. Daun salam pun dapat dimanfaatkan saat seseorang buang air besar secara berlebihan(Mengatasi masalah BAB). Pohon salam dapat juga di gunakan dalam menangani masalah asam urat, kolesterol tinggi, stroke, radang lambung, memperlancar sistem peredaran darah dalam tubuh, kencing manis, menyuburkan rambut dan gatal-gatal, Dll.
Kandungan Daun Salam: Minyak esensial, Ekstrak metanol, Eugenol dan metil kavikol, Ekstrak etanol Kandungan ini bersifat anti bakteri, anti jamur, dan berkhasiat sebagai obat cacing dan Kandungan kimia lainya dari daun salam seperti flavonoida, minyak atsiri dan tannin.
Berikut ini penejelasan 12 manfaat daun dalam dan cara meracik daun salam sebagai obat tradisional:

1. PENGAHARUM MASAKAN
Campurkan daun segar maupun dau kering ke dalam masakan seperti nasi, ikan san sayuran tujuannya agar aroma masakan jadi harum. Kandungan beberapa zat alami didalamnya juga bermanfaat untuk melindungi kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Jadi, janganlah ragu untuk mengikut sertakan daun salam dalam masakan anda.

2. MEMUTIHKAN GIGI YANG MENGUNING
Pasta gigi tradisional yang terbuat dari daun terbukti dapat memutihkan gigi kuning secara alamia dan tergolong aman. Caranya siapkan daun salam kering dan kulit jeruk yang sudah kering, selanjuntnya haluskan dengan cara ditumbuk lalu campur keduanya bersama dengan air. Aduk rata sampai berbentuk pasta. Gunakan khasiat daun salam sebagai pasta gigi/odol secara tradisional.

3. BAIK UNTUK PENDERITA KOLESTEROL DAN DIABETES
Siapkan 5 sampai 10 lembar daun yang masih segar, bersihkan lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Sesudah dingin selanjutnya saring air rebusan daun salam tersebut dan minum sekaligus pada malam hari. Kerjakan secara teratur supaya kolesterol ataupun diabetes cepat sembuh.

4. MELANGSINGKAN BADAN
Untuk anda yang mempunyai permasalahan berat badan yang berlebihan, manfaat dari daun salam untuk turunkan berat tubuh dapat anda coba. dengan cara membersihkan 10 sampai 20 lembar daun lalu rebus bersama 2 gelas air. Setelah tersisa 1 gelas, angkat dan dinginkan. Minum 2 kali sehari pagi dan malam masing-masing 1 gelas supaya berat badan turun.

5. Sebagai obat Kencing Manis dan Mengontrol Kadar Kolesterol
Rebus 5 - 10 lembar daun dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. selanjutnya saring dan tunggulah hingga dingin lalu minum sekaligus saat sebelum makan. Terapkan hal tersebut 2 kali dalam sehari supaya khasiat daun salam bisa terserap dalam tubuh.

6. MENGATASI RADANG LAMBUNG
Caranya ambil 10 lembar daun salamdan bersihkan, 20 gram sambiloto kering dan sedikit gula aren selanjutnya masak dalam 500 cc air hingga tinggal setengahnya saja. Saring serta minum airnya untuk 2 x saat pagi dan sore ataupun malam hari.

7. MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI
Siapkan 7-10 lembar daun yang masih tetap segar, rebus bersama-sama 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring lalu minum sehari dua kali masing-masing setengah gelas untuk 1 kali minum.

8. MEYEMBUHKAN MAAG AKUT
Buat anda yang menderita sakit pada labung (maag), kegunaan daun salam bisa jadi obat alami penyakit tersebut . Bersihkan bersih 15 - 20 lembar daun segar. Rebus dengan 500 Ml hingga mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau (aren) sesuai kebutuhan. Setelah air rebusan dingin, minum airnya sebagai teh herbal. Lakukan setiap hari hingga rasa perih dan penuh di lambung teratasi.

9. MENGATASI MABUK KARENA ALK#HOL
Manfaat tanaman salam yang satu ini tak manfaatkan daunnya akantetapi memanfaatkan buah salam. Bersihkan q genggam buah salam matang, haluskan dan peras airnya. Saring air perasan buah salam lalu minum agar mabuk disebabkan alk*hol dapat hilang.

10. MEREDAKAN ASAM URAT
Keringkan 10 lembar daun salam lalu rebus bersama-sama 10 gelas air. Tunggulah sampai tersisa 5 gelas lalu minum setelah dingin. Lakukan secara teratur setiap hari supaya penyakit asam urat anda cepat sembuh.

11. MENGOBATI DIARE
Selain memanfaatkan buah jambu biji yang masih muda, daun salam juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit diare. Siapkan 15 lembar daun salam segar. Rebus dalam 2 gelas air hingga mendidih. Tambahkan sedikit garam dan tunggulah sampai dingin. Minum air itu sekaligus supaya diare cepat sembuh.

Ternyata Pohon salam bukan sekadar bumbu dan bahan perabot, daun salam Juga punya sifat Obat, demikianlah Artikel tips kesehatan blogger Bugis tentang kandungan dan manfaat Daun salam yang dapat anda buat sendiri ramuannya di rumah untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan keluarga anda.

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "Mengenal Manfaat Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel