Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Studi Lapang di Suku Kajang

Blogger Bugis - Mahasiswa jurusan Komunikasi dan penyiaran Islam Fakultas Dakwah danKomunikasi, (KPI PDK) UIN Alauddin Makassar angkatan 2013, melakukan kunjungan studi lapang ke salah satu daerah sakral di kabupaten Bulukumba Kajang, pada Jumat-Sabtu 19-20 Desember2014.

Suku Kajang Bulukumba

Suku Kajang Kabupaten Bulukumba


Kunjungan ini dilakukan untuk mengikuti final salah satu mata kuliah yaitu Komunikasi Lintas Agama dan Budaya. Kajang, merupakan salah satu daerah yang dikunjungi oleh mahasiswa KPI ini. Menurut dosen mata kuliah ini, salah satu tujuan dilakukannya penelitian ini guna untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang budaya dan agama daerah tersebut yang dipercaya sangat sakral.

Suku Kajang Bulukumba

Selain itu, ini merupakan langkah awal bagi para mahasiswa untuk melatih kecakapan mereka dalam berkomunikasi agar tidak canggung lagi dalam berbicara". "Seperti kata pepatah "sambil menyelam minum air", kegiatan ini dilakukan bukan hanya untuk pemenuhan mata kuliah saja tetapi juga sebagai ajang refreshing bagi para mahasiswa setelah seminggu sebelumnya disibukkan dengan kegiatan kampus begitu padat," ungkap salah satu mahasiswi KPI, Ummul Khaerah.

Suku Kajang Bulukumba

Disisi lain, ada keunikan tersendiri dari daerah Kajang ini. "Tanah Towa" merupakan salah satu tempat yang mempunyai icon warna hitam yang sudah mereka yakini dan percayai kesakralannya. Menurut Arfah, salah satu warga asli Kajang yang juga menjadi tour guide kami, "hitam itu berarti sederhana, tidak melebih-lebihkan.

Suku Kajang Bulukumba

Hitam kita umpamakan seperti warna tanah. Tanah sendiri sifatnya sederhana yang bila di injak-injak sekalipun tidak akan bereaksi apa-apa. Seperti itulah kesederhanaan kami".

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Studi Lapang di Suku Kajang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel