8 Arti Dan 8 Manfaat Bunga Mawar Untuk Kesehatan

Blogger Bugis - Mawar dengan nama latin Rosa canina merupakan tanaman hias yang menghasilkan bunga dengan beraneka jenis warna yang begitu indah. Tak tahu sejak kapan, bunga mawar kerap dijadikan sebagai simbol cinta. Terlebih mawar merah. Di Indonesia sendiri bunga mawar dimanfaatkan dalam banyak kepentingan mulai dari dapat dijadikan tanaman hias, menghiasi meja dan kerap dijadikan bunga tabur.

Bunga cantik yang berduri ini memiliki filosofi tersendiri yaitu hidup mandiri dalam kesederhanaan tanpa ada berkecil hati melihat kemewahan di sekitarnya serta terus memberi keindahan yang menakjubkan dan berguna untuk orang lain. Jadi meskipun berduri, bunga ini tetap memikat hati siapa saja yang melihatnya lantaran keindahan dan pesonanya, dan daya tarik kuat yang dipunyainya.

Bunga Mawar melambangkan keromantisan, kasih sayang dan cinta. Memiliki bentuk yang manis dan bermacam warna yang cantik menjadikannya salah satu bunga yang disukai oleh sebagian besar wanita di seluruh dunia. Tahukah anda arti dari masing-masing warna tersebut berikut sedikit penjelasan mengenai arti dan makna dari 8 warna bunga mawar.
  1. Mawar Kuning, Melambangkan persahabatan yang sejati, kehangatan, perasaan bahagia dan senang
  2. Mawar Biru, Mempresentasikan perasaan yang tak mudah diungkapkan. Melambangkan imajinasi serta misteri
  3. Mawar Merah, Melambangkan cinta yang sejati Mawar merah adalah media untuk menyebutkan perasaan cinta pada seseorang.
  4. Mawar Peach, Melambangkan keanggunan, keabadian, kesungguhan, persahabatan, persaudaraan, kekaguman serta penghargaan pada seseorang
  5. Mawar Oranye, Melambangkan gelora cinta yang menggebu-gebu, kekaguman yang mengagumkan, ketertarikan, dan gairah
  6. Mawar Putih, Mawar putih melambangkan cinta sejati yang penuh ketulusan, kemurnian, kesucian, serta kerendahan hati
  7. Mawar Merah Muda/Pink, Melambangkan penghargaan, kekaguman, kebahagiaan, kelembutan serta kasih sayang
  8. Mawar Ungu, Melambangkan pesona, kesempurnaan, kesetiaan, keagunagan dan kemegahan.
8 Arti Dan 8 Manfaat Bunga Mawar

Bunga Mawar Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Akan tetapi, di balik keindahan warnanya nyatanya bunga mawar mempunyai manfaat bagi dunia kesehatan dan kecantikan. Untuk dunia kecantikan, bunga mawar kerap dijadikan bahan dalam merawat kulit, wajah dan rambut. Sedang dalam dunia kesehatan, bunga mawar jadikan juga sebagai obat buat beberapa penyakit seperti meringankan gejala flu, menurunkan kolesterol, diare mencegah penyakit jantung, dan infeksi saluran kemih.

1. Menyingkirkan Jerawat
Air bunga mawar adalah bahan pembersih alami yang kaya anti-oksidan serta dapat membunuh bakteri pemicu jerawat. Bersihkan muka Anda dengan air hangat yang telah digabung dengan air mawar.

2. Perawatan Kulit
Menjaga keseimbangan pH alami kulit dengan air mawar. Air mawar bisa menyeimbangan produksi sebum pada kulit. Hal semacam ini bisa dimanfaatkan baik untuk kulit berminyak ataupun kulit kering. Air mawar juga dapat melawan beragam penyakit kulit yang eksim.

3. Kesehatan Mata
Mata letih dan lingkaran gelap dibawah mata dapat diatasi dengan air mawar. Air mawar dapat juga dipakai untuk menanggulangi mata merah dan meradang. Teteskan 1 sampai tiga tetes pada mata, lalu pejamkan mata selama beberapa menit guna untuk membersihkan kotoran dalam mata. Kerjakan secara teratur untuk menghindari infeksi mata.

4. Kesehatan Rambut
Air mawar baik untuk kesehatan rambut dikarenakan dilengkapi dengan penyejuk alami yang bisa melembapkan. Cukup tuang beberapa tetes air mawar saat keramas berbarengan dengan shampo untuk menciptakan aroma khas yang wangi. Dapat pula dipakai sesudah keramas, tuangkan pada rambut yang masih basah, serta pijat lembut untuk menolong perkembangan rambut Anda. Selain itu, air mawar dapat juga menangani peradangan di kulit kepala serta memberantas ketombe.

5. Untuk Miss V
Tahukah Anda bahwa perawatan seperti spa biasanya memakai air mawar sebagai bahan utamanya. Hal semacam ini karena keharuman air mawar yang khas dan berguna untuk organ intim Anda. biaskanlah membersihan/memcuci Miss V dengan air hangat matang yang sudah di campur dengan air mawar.

6. Menangani Bengkak Pada Kaki
Langkahnya dengan mengambil 3-5 bunga mawar selanjutnya ditambah 50 gram daun sembung selanjutnya cuci bersih. Lalu rebus dengan air 1000 ml lalu minum airnya selama dua kali sehari.

7. Roseship
Rosehip ini yaitu buah dari biji bunga mawar. Selain dipakai untuk bahan dasar produk kesehatan dan kecantikan, buah dari mawar ini terbukti ampuh dalam menurunkan tekanan darah, dan tingkat kolesterol dalam tubuh kita.

8. Teh Mawar
Teh mawar merupakan sumber antioksidan dan mengandung vitamin B3, E, D, C, dan Vitamin A serta asam sitrat, menimum secankir teh mawar pagi dan sore hari maka Anda akan merasakan rileksasi obat depresi dan meredakan rasa cemas dikarenakan aroma harum dan zat yang terdapat dalam bunga mawar. Teh Bunga Mawar juga mampu mencegah sembelit.

Nah sudah tahun kan arti dan manfaat dari bunga yang indah dan berduri ini, sebenarnya terdapat banyak jenis bunga yang baik untuk kesehatan dan kecantikan namun pada kesempatan ini blogger bugis secara khusus mengenai khasiat dan manfaat bunga Mawar untuk Kecantikan dan Kesehatan. Semoga bermanfaat.

Suka dengan artikel di atas? nggak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email:

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "8 Arti Dan 8 Manfaat Bunga Mawar Untuk Kesehatan"

Posting Komentar