10 Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Blogger Bugis - Nusantara tercinta ini Indonesia merupakan Negara agraris yang dikenal kaya akan hasil rempah rempah yang meilimpah ruah yang bersal dari berbagai jenis tumbuhan herbal. Sejak zaman daluhu kala sampai sekarang tumbuhan herbal ataupun tanaman obat yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang mematikan.

Akan tetapi sangat disayangkan sekali toh sampai sekarang ini masih banyak orang Indonesia justru lebih memilih produk kesehatan yang berasal dari luar dibanding negeri sendiri. Padahal kita tidak perlu mengeluarkan ongkos dengan biaya yang sangat mahal sekali, toh nnyatanya di Indonesia sendiri jauh lebih kaya dan alami dalam segi penyembuhan penyakit. Selanjutnya mari kita simak bersama penjelasan blogger bugis menganai berbagai jenis tanaman obat/apotik hidup di Indonesia serta beberapa manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Tanaman Obat atau yang biasa kita sebut tanaman herbal sangat banyak sekali jenisnya dan manfaatnya, dimulai dari tumbuhan yang mampu mengobati penyakit kelas ringan bahkan penyakit sampai ke penyakit kronis. Selain itu Tanaman herbal ini sudah banyak terbukti ampuh jika dibandingkan dengan obat yang telah dicampur bahan kimia. Selengkapnya penjelasan 10 tanaman obat yang bisa anda pakai sebagai pengobatan alternatif dirumah.

Tanaman Obat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tumbuhan Herbal dan Manfaatnya


10. LIDAH BUAYA
Lidah buaya atau Aloe Vera sejak zaman dulu sudah dipercaya sebagai bahan perawatan kecantikan dan obat. Saat ini di Jepang sedang mengembangkan penelitian mengenai lidah buaya sebagai obat kanker. Saat ini sangat banyak sekali cara untuk mengonsumsi lidah buaya seperti dapat diolah menjadi cendol.

9. SELEDRI
Seledri dengan nama latinnya Apium Graviolens Mungkin tanaman yang satu ini tidak asing lagi untuk kita, selain enak digunakan sebagai penyedap rasa nyatanya seledri juga berperan sebagai obat alami karena kaya akan kalsium, fosfor dll. Contohnya seledri dapat digunakan sebagai obat asam urat. Caranya pemakaiannya hanya dengan rebus beberapa biji seledri untuk satu gelas air didihkan lalu minum setiap pagi.

8. BLUSTRU
Blustru atau yang biasa disebut ketela manis dengan nama latin Luffa Aegyptica Mill, (Di Sunda disebut Lapang oyom atau di Palembang disebut hurung jawa) adalah tanaman obat keluarga yang telah diberikan secara turun temurun. Tetapi saat ini sudah jarang sekali yang memakai bahkan sebagian besar orang tak tahu bagaimana bentuk tanaman blustru. Blustru dapat dipakai sebagai obat asma, Caranya bersihkan telebih dahulu daun blustru muda taruh diatas nasi panas (dapat disimpan diatas ketika menanak nasi) lalu konsumsilah sebagai lalapan sehari-hari.

7. PASAK BUMI
Tanaman ini di Indonesia tumbuh di daerah Kalimantan nama latin dari tumbuhan ini merupakan Eurycoma Longifolia Jack. Tongkat ali bisa membantu melakukan perbaikan kadar testosteron pada pria serta menambah keharmonisan hubungan dalam rumah tangga. Selain itu juga dapat mengatasi Ej*kulasi D!ni. Pasak bumi banyak dijual pada apotik, pasak bumi ini rata-rata sudah berbentuk kopi, teh berbentuk kering dll.

6. BUAH BELIMBING WULUH
Belimbing (Averrhoa Carambola) rasabya manis kaya akan vitamin C, B, A, Protein, Kalsium dan lain-lain. Belimbing. Selain terasa yang enak dan nikmat buah ini juga mampu mejadi penurun kolestrol tinggi serta penurun tekanan darah tinggi. caranya cukup memakan buah belimbing setiap hari setelah makan siang.

5. MENGKUDU
Mengkudu atau Morinda Citrifolia memiliki nama yang berbeda beda di setiap daerah misalnya di Sunda dimaksud Cangkudu, di Aceh disebut Keumeude, serta di Jawa disebut kudu. Tanaman ini biasanya ditanam di aceh pada tiap-tiap rumah warga (walaupun tak semua) lantaran umum digunakan juga sebagai bahan rujak, namun taukah anda bahwa buah mengkudu mampu mengobati jantung Koroner serta membantu mencegah penyakit jantung koroner. Caranya sangatlah gampang cukup jus mengkudu selanjutnya saring air sarinya tambahkan sedikit madu serta minum dua kali sehari sesudah makan.

4. BUAH MAKASAR
Dengan nama latin Brucea Javanica tanaman Makasar ini mempunyai rasa yang amat pahit dan beracun. Tetapi jika dipakai dengan baik serta sesuai sama dosis yang tumbuhan ini dapat jadi menyembuhkan Penyakit Diabetes Melitus lantaran bisa turunkan kandungan gula darah dalam tubuh. Selain itu buah makasar juga mampu menjadi Obat Kanker Serviks, Langkahnya dapat dengan menyeduhnya kedalam setengah cangkir serta minum 2 sampai 3 kali sehari

5. JARAK
Biasa disebut Kaliki di bandung , di Sumatra dan Kalek Dimadura disebut sulang. Jarak (Ricinus Communis) memiliki kegunaan pada akarnya sebagai anti rematik serta dapat menenangkan. Pada bijinya terasa manis, pedas namun netral. Bijinya Banyak dipakai untuk Obat Kanker rahim, Hernia, Rematik, TBC. Tetapi dikala anda memproses biji jarak jadi herbal anda mesti berhati hati lantaran jika meminum obatnya terlalu berlebih bakal menyebabkan keracunan dengan ciri sakit kepala, muntah berak, panas dll.

TEMULAWAK
Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza) adalah tanaman obat indonesia yang memiliki kandungan kurkumin yang bermanfaat sebagai Anti Radang maupun Anti Keracunan Empedu. Meskipun temulawak tak dapat menjadi obat kanker hati, akan tetapi temulawak dapat mencegahnya lantaran temulawak dapat menyembuhkan Penyakit Hepatitis B yang bertindak sebagai faktor utama penyakit kanker hati.

DAUN DEWA
Dari namanya saja sudah bagus di dengar, Daun Dewa (Gynura Divaricata) diakui memiliki banyak faedah untuk kesehatan. Daun Dewa memiliki kandungan minyak atsiri, saponin dan lain-lain. Daun Dewa bida dapat dipakai juga sebagai obat dalam penyembuhan stroke maupun pencegah datangnya penyakit Stroke. Daun Dewa Dapat juga menyembuhkan luka memar dan penurun darah tinggi.

Sesungguhnya tanaman obat sangatlah sangat banyak macamnya. Dari beragam daerah penjuru negeri mempunyai resep masing - masing dalam memproses tanaman herbal. Saat kita kembali ke obat alami semua type penyakit bisa dicegah serta diobati lantaran resikonya sangatlah kecil. Karenanya perbanyaklah meminum minuman herbal seperti jamu dan lain-lain supaya tubuh lebih sehat.

Demikian penjelasan singkat dari beberapa manfaat tanaman herbal bagi kesehatan. Terimakasih semoga Anda dapat menarik kesimpulan setelah membaca artikel kesehatan blogger Bugis, Wassalam.

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "10 Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel