9 Manfaat Kesehatan Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional

Blogger Bugis - Pepaya adalah tanaman yang berasal dari benua Amerika tepatnya di negara meksiko. Pepaya yang mempunyai nama latin Carica papaya ini di kelompokkan dalam keluarga Caricaceae. Selain dapat dikonsumsi begitu saja sebagai buah matang, sedangkan untuk buah pepaya yang masih muda umumnya kadang dimasak sebagai tumisan/olahan sayur.

Demikian dengan juga daun pepaya, kerap jadikan juga sebagai lalapan teman makan sambel. Akan tetapi, faedah daun pepaya tidak hanya sekedar lalapan teman makan bersama nasi. Sejak jaman dahulu kala daun pepaya telah jadikan sebagai obat tradisional oleh nenek moyang yang mampu menangani beraneka penyakit berbahaya.

Sebagian penyakit yang dapat diobati dengan ramuan daun pepaya seperti cacingan, malnutrisi pada balita, DBD (demam berdarah), dan nyeri pada saat datang bulan (haid). Bahkan menurut penelitian terbaru daun pepaya pun dapat menghambat perkembangan sel kanker.

Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh


Selain daunnya, akar serta getah pohon pepaya juga sering jadikan obat tradisional. Bahkan juga biji buah pepaya dapat pula jadikan obat untuk menanggulangi cacingan pada anak anak dan orang dewasa. Sementara bunga pepaya kerap diolah sebagai tumis.

Kandungan Nutrisi Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki kandungan beraneka macam zat, diantaranya Vitamin A 18250 SI, Kalsium 353 mg, Fosfor 63 mg, Vitamin B1 0, 15 mg, Kalori 79 kal, Vitamin C 140 mg, Protein 8, 0 gr, Lemak 2 gr, Hidrat Arang 11, 9 gr, Besi 0, 8 mg, Air 75, 4 gr. Kandungan carposide dalam daun pepaya bermanfaat sebagai obat cacing.
Selain pada daunnya, akar serta getah pepaya juga memiliki kandungan zat papayotin, karpain, kautsyuk, karposit dan kaya akan vitamin. berikut Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

1. Senyawa Anti Kanker
Dari beberapa riset diterangkan, bahwa batang dan daun pepaya memiliki kandungan banyak getah putih seperti susu atau white milky latex, yang sementara di kembangkan oleh para ahli sebagai antikanker, seperti dilansir dari Journal Society of Biology. Getah ini secara otomatis didapatkan oleh tubuh kala mekonsumsi daun pepaya, dimasak lewat cara apapun.

2. Memperlancar Pencernaan
Kandungan dalam daun pepaya yang dikenal dengan nama karpain sangatlah baik untuk saluran pencernaan kita karena karpainlah yang menolong membunuh micro organisme yang mengganggu dalam pencernaan pada tubuh kita. Caranya dengan konsumsi daun pepaya juga sebagai teman makan nasi atau lalapan.

3. Menyembuhkan Demam Berdarah
Demam berdarah dapat diatasi dengan memakai daun pepaya. Langkahnya ambillah 7 lembar daun pepaya atau sesuai kebutuhan saja lalu di rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa satu gelas saja. Air rebusan daun pepaya itu diminum sekaligus. Sebaiknya janganlah berlebihan dalam meminum air rebusan daun pepaya ini terkecuali jika sudah dalam tahap mencemaskan.

4. Menambah Nafsu Makan
Untuk menambah nafsu makan, siapkan daun pepaya yang masih segar kira kira seukuran telapak tangan, sedikit garam, serta air hangat setengah gelas. Semua bahan digabung, dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender, lalu disaring untuk diambil airnya lalu diminum. Ramuan ini aman, bahkan juga untuk anak-anak sekalipun.

5. Sebagai obat Sakit Perut Balita
Untuk Anda para Bunda yang balitanya sedang mengalami sakit perut kembung, dapat diobati dengan memanfaatkab ramuan daun pepaya. Langkahnya siapkan 4 lembar daun pepaya, 4 tangkai daun dadap serep, kapur sirih seperlunya. Semua bahan itu ditumbuk bersama-sama hingga halus. Gunakan sebagai bedak serta dibalurkan pada perut balita yang sakit.

6. Kekurangan Nutrisi pada Balita
Daun pepaya sangat kaya akan vitamin dan mineral yang baik untut balita. Apabila sang buah hati (balita) anda kurangan asuapan nutrisi gunakanlah daun pepaya untuk mengatasinya. Siapkan 2 lembar daun pepaya, cuci samapi bersih lalu di rebus dengan 2, 6 gelas air hingga mendidih, lalu saring untuk di ambil airnya. Selanjutnya diminumkan pada balita 2 sendok makan setiap hari.

7. Menyembuhkan Nyeri Haid
Campuran daun pepaya dan asam jawa, cukup efisien dalam menghilangkan rasa nyeri disebabkan oleh (haid) datang bulan. Caranya, siapkan satu lembar daun pepaya, asam jawa da garam seperlunya serta air di campurkan dan di rebus sampai masak. Untuk manfaat yang lebih baik seharusnya diminum pada saat masih hangat.

8. Masker Anti Jerawat
Selain berguna untuk kesehatan, daun pepaya juga sangat baik untuk kecantikan wajah terlebih dalam hal menyingkirkan jerawat. Cara memakainya daun pepaya mesti di keringkan terlebih dulu, lalu dilumatkan serta di campur dengan air selanjutnya dioleskan ke wajah seperti dengan masker pada umumnya.

9. Manfaat lain dari Buah Pepaya
Selain beberapa manfaat di atas yang telah kami sebutkan, daun pepaya dapat juga dipakai untuk melunakkan daging. Bila Anda pingin memasak daging, supaya empuk rebuslah daging bersama-sama dengan daun pepaya. Namun janganlah terlampau banyak lantaran rasanya bakal jadi pahit.

Nah, itulah beberapa faedah dari daun pepaya. Di artikel selanjutnya blogger bugis bakal mengulas mengenai manfaat buah pepaya, biji, bunga, akar dan getah pohon pepaya. Semoga bermanfaat.

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "9 Manfaat Kesehatan Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel