10 Jenis Bunga Mawar Terindah di Indonesia

Bloggerbugis - Mawar adalah jenis tanaman semak dari genus Rose sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Pada umunya tumbuhan mawar merupakan tanaman semak yang berduri dan merupakan tanaman memanjat dengan tinggi dapat mencapai dua sampai lima meter. Tanaman mawar jika merambat di tanaman lain dapat mencapai tinggi hingga 25 meter.

Bunga mawar juga sering dijadikan sebagai objek lukisan oleh para pelukis bunga. Di Negara Perancis terdapat seorang pelukis terkenal bernama Pierre Joseph Redoute dia terkenal dengan lukisan-lukisan jenis bunga mawar yang dilukis olehnya. Sedangkan manfaat dari bunga mawar dapat digunakan sebagai Antidepresen, Antiviral, Antibakteri, Antiperadangan, Sumber vitamin c, Minyaknya bisa dibuat parfum, Bunga mawar pun dapat diolah menjadi Teh dan Jelly.

Jenis Bunga Mawar Terindah

10 JENIS BUNGA MAWAR INDAH


Nah setelah kita mengetahui apa itu bunga mawar dan manfaat bunga mawar berikut 10 jenis mawar terindah seperti yang blogger bugis lansir dari situs eproduk litbang pertanian, berikut sepuluh jenis bunga mawar terindah di Indonesia.

10. MAWAR CIPANAS DWI WARNA

Jenis Bunga Mawar Terindah

Varietas ini merupakan mawar taman tipe bunga ganda dengan warna red purple group 68 D dan 61 C. Panjang tangkainya 4,1-5,1 cm dengan diameter bunga mekar 8,5-8,9 cm. Jumlah bunga/tanaman/ bulan 1,4-2,9 kuntum. Mawar jenis ini memiliki adaptasi luas.

9. BUNGA MAWAR TALITHA

Jenis Bunga Mawar Terindah

Varietas ini merupakan mawar potong tipe bunga ganda dengan warna orange. Panjang tangkainya 50-83 cm dengan diameter bunga mekar 8 cm. Permukaan daunnya bergelombang. Produksi bunga 1,7-1,8 tangkai. Kesegaran bunga dalam vas dapat bertahan hingga 7-9 hari.

8. BUNGA MAWAR SHANANDA

Jenis Bunga Mawar Terindah

Varietas ini merupakan mawar potong tipe bunga ganda dengan warna pink cerah (bright pink), red purple group 66A. Panjang tangkainya 45-60 cm dengan diameter bunga mekar 9-11 cm. Produksi bunga 1,2-1,6 tangkai. Kesegaran bunga dalam vas dapat bertahan hingga 5-8 hari.

7. BUNGA MAWAR PUTRI

Jenis Bunga Mawar Terindah

Varietas ini termasuk jenis mawar potong dengan tipe ganda. Permukaan daun bergelombang berwarna merah tua (dark red)/red group 46A. Produksi bunga 1,4-1,6 tangkai dengan panjang tangkai 55-105 cm dan diameter bunga 9,5-11,5 cm. Aroma bunga agak wangi dan kesegarannya dalam vas dapat bertahan hingga 8-9 hari.

6. BUNGA MAWAR PERTIWI

Jenis Bunga Mawar Terindah

Varietas ini merupakan mawar potong tipe bunga ganda dengan warna merah muda (red purple group 65D). Panjang tangkainya 5,65-7,54 cm dengan diameter bunga mekar 8,84-9,01 cm dan durinya sedikit. Mawar jenis ini tahan tanpa naungan.

5. BUNGA MAWAR MEGAWATI

Jenis Bunga Mawar Terindah

Varietas ini merupakan jenis mawar potong dengan permukaan daun bergelombang. Produksi bunga 1,3-1,7 tangkai dengan diameter bunga 9-11 cm, panjang tangkai 48,89-73,00 cm. Bunga dapat tetap segar dalam vas sampai 6-8 hari.

4. BUNGA MAWAR MEGA PUTIH

Jenis Bunga Mawar Terindah

Varietas ini merupakan mawar potong tipe bunga ganda dengan bentuk tepi petal bunga keriting. Jumlah petal 104-138 helai. Mawar jenis ini memiliki tangkai bunga (neck length) kokoh sepanjang 7-8 cm, panjang tangkai total 47-85 cm. Ukuran bunga ini tergolong besar dengan diameter 9-12 cm. Diameter bunga kuncup 2,12-2,15 cm. Aroma bunga sedikit wangi (light fragrance). Kesegaran bunga 7-9 hari.

3. BUNGA MAWAR FORTUNA

Jenis Bunga Mawar Terindah

Varietas ini merupakan jenis mawar potong yang termasuk tipe bunga ganda. Permukaan daunnya bergelombang dan aramonya agak wangi. Panjang tangkainya 47-75 cm . Mawar jenis ini berdiameter bunga mekar 8,5-9,5 cm. Kesegaran bunga bertahan hingga 5-8 hari.

2. BUNGA MAWAR ROSMARUN

Jenis Bunga Mawar Terindah

Varietas ini termasuk tipe bunga ganda. Mawar jenis ini berdiameter bunga kuncup 1,35 cm, diamater bunga mekar 4,37 cm serta aromanya sedikit wangi. Kesegaran bunga lebih lama, terutama bunga dalam pot yaitu 56,33 hari.

1. BUNGA MAWAR ROSANDA

Jenis Bunga Mawar Terindah

Varietas ini termasuk tipe bunga ganda dengan warna bunga unik dan menarik. Di bagian depan orange red group 35D, bagian belakang red group 49D. Mawar jenis ini berdiameter bunga kuncup 0,90 cm, diamater bunga mekar 2,54 cm serta aromanya wangi. Kesegaran bunga lebih lama, terutama bunga dalam pot yaitu 43,63 hari.

Demikian artikel blogger bugis tentang 10 Jenis Bunga Mawar Terindah di Indonesia, mungkin masih ada beberapa macam bunga mawar yang tidak saya jelaskan disini namun untuk saat ini bunga mawar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang beriklim sedang seperti di Indonesia.

Disarankan Untuk Anda:

1 Response to "10 Jenis Bunga Mawar Terindah di Indonesia"

  1. kunjungi forumnya orang yang suka berkebun , ada tanaman GRATIS setiap minggunya www.tanaman.id

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel