17 Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan

Blogger Bugis - Seni Musik Tradisional atau Alat Musik Makassar merupakan Ciri Khas tersendiri orang Bugis Makassar Sulawesi Selatan, alat musik sulsel ini telah dimasukkan dalam alat musik tradisional Indonesia, Musik tradisional makassar sangat banyak macamnya, antara lain kesok kesok, batti, kecapi, Pui-pui, Ganrang Bulo, Kere-kere Gallang, Katto-katto, Nah untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan penjelasan singkat sejarah Alat musik Makassar:

Alat Musik Tradisional Makassar

Alat Musik Tradisional Makassar


1. KESOK-KESOK
Instrumen gesek berdawai dua. Alat penggeseknya terbuat dari bulu kuda. Cara menggeseknya ialah dengan menegakkan kesok-kesok tersebut, lalu digesek. Sinrilik termasuk jenis sastra lisan yang masih hidup di masyarakat Makassar. Sinrilik biasanya menceritakan tentang perjalanan sejarah, petuah dan kisah tokoh-tokoh penting yang masih hidup dalam masyarakat. Pembacaan syair (puisi) biasanya dilakukan sambil diiringi oleh kesok-kesok (rebab) dengan irama tertentu yang spesifik.

2. ORKES TURIOLO
Musik ini merupakan perpaduaan beberapa instrumen daerah Makassar dengan memperdengarkan beberapa lagu asli (turiolo) Makassar yang menghantarkan kita pada zaman bahari di Sulawesi Selatan.

3. Tunrung Pakkanjara
Merupakan perpaduan irama beberapa bunyi nyanyian klasik (karawitan) terdiri dari gendang, pui-pui dan gong. Irama gendang ini ditabuh sedemikian rupa hingga menimbulkan bunyi yang menggebu-gebu diiringi tiupan pui-pui. Pui-pui adalah seruling khas Gowa yang melengking memekakkan telinga dan bunyi gong, semuanya akkanja-kanjara bersatu dalam ritme yang disebut pakkanjara.

4. KECAPI
Kecapi merupakan salah satu alat musik petik yang mungkin cara memainkannya sedikit sulit untuk dipelajari dibanding dengan alat musik lainnya di atas. Kecapi biasanya digunakan untuk memperkaya suara-suara yang dihasilkan dalam musik-musik tradisional. Kecapi memiliki beberapa senar yang dimainkan dan dipet

5. BATTI
Musik yang mempergunakan alat sejenis gambus. Biasanya dipertunjukkan pada pesta perkawinan, sunatan atau acara-acara lain yang merupakan pesta kegembiraan. Jenis musik ini berasal dari daerah Selayar.

6. GANDRANG
Gendang adalah kesenian musik asli Bugis-Makassar. Bunyi gendang dipadukan dengan bunyi pui-pui (sejenis suling) dan tarian. Irama yang dihasilkan bermacam-macam, tergantung keadaan, ada irama untuk sambutan, perpisahan, pemacu semangat, pembukaan acara, dan lainnya.Gendang adalah alat musik pukul. Kalau dipukul pakai tangan disebut tumbuk; kalau dipukul pakai tongkat (ba’bala’) disebut tunrung.

Rangkanya terbuat dari kayu campaga yang dikuatkan dengan ikatan rotan karena sumber daya rotan sudah berkurang, fungsinya digantikan oleh tali plastik (tasi). Alasan pemakaian kayu campagakarena bunyi yang dihasilkannya bagus; kayucampaga juga tahan dari lapuk karena rayap. Bagian yang dipukul terbuat dari kulit kambing jantan.

Alasan pemakaian kulit kambing jantan adalah karena tipis sehingga menghasilkan bunyi yang lebih besar dan nyaring. Kini, Gandrang Gendang masih sering mengalun di acara-acara pernikahan, ritual adat, dan termasuk festival yang sering diikuti oleh berbagai kelompok musik di makassar.

Selain itu alat musik khas makassar Lainya seperti
Gong, Pui-pui, Ganrang Bulo, Kere-kere Gallang, Katto-katto, Sikunru, Basing-basing, Genggong, Tendong-tendong, Kancing, Baccing
Nah Itulah persembahan Anak Bugis tentang Alat Musik Makassar semoga dapat menambah wawasan Anda, Harapan kami semoga Alat Musik Makassar dapat terus terpelihara dan bertahan di tengah-tengah kuatnya pengaruh kesenian modern. baca juga Aneka ragam tarian khas sulawesi.

Suka dengan artikel di atas? nggak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email:

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "17 Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan"

Posting Komentar