7 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Sebagai Obat Tradisional

Blogger Bugis - Daun salam yang memiliki nama latin Syzygium polyanthum umum dipakai untuk bumbu dapur untuk penyedap serta pengharum masakan. Umpamanya dalam masakan gulai serta pepes, aroma dari daun salam betul-betul menggugah selera. Namun yang bakal kita ulas di sini yaitu faedah daun salam untuk kesehatan serta obat tradisional.

Daun salam tak hanya dipakai untuk bumbu masak, daun salam juga seringkali dipakai sebagai obat tradisional. Sebagian penyakit dapat sembuh dengan daun salam, salah satunya dapat mengobati sakit diare, maag, kencing manis, mabuk disebabkan alkohol, asam urat, hipertensi, serta membantu turunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Mengapa daun salam mempunyai manfaat yang demikian besar untuk kesehatan? Tak lain tak bukan yaitu dikarenakan senyawa yang terdapat didalamnya. Daun salam mempunyai cukup banyak kandungan vitamin C serta Vitamin B kompleks yang benar-benar bermanfaat dalam pengobatan asam urat. Selain itu daun salam juga memiliki kandungan Minyak atsiri (0, 05 Persen) memiliki kandungan sitral serta eugenol, tanin dan flavonoida.

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Salam


Daun salam dapat jadikan obat tradisional untuk menangani beragam penyakit. Di bawah ini penyakit yang bisa diobati dengan daun salam.

1. Menyembuhkan Asam Urat

Manfaat daun salam untuk obat asam urat dapat dikerjakan dengan merebus daunnya. Langkahnya, ambillah 10 lembar daun salam dan rebus bersama-sama kurang lebih 700 cc air atau 3, 5 gelas belimbing. Diamkan rebusan itu sampai tersisa satu gelas saja, lalu saring air rebusan dan minumlah selagi hangat.

2. Menyembuhkan Diare

Untuk menyembuhkan diare, ambillah 15 gram daun salam lalu cucilah sampai bersih lalu direbus dengan segelas air bersih selama 15 menit lamanya. Tambahkanlah sedikit garam. Sesudah dingin disaring lalu diminum.

3. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Untuk pasien kolesterol tinggi, tujuh lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai di rebus dengan 800 cc air sampai tersisa 400 cc. Lalu arinya diminum secara rutin.

4. Kencing manis

Ambillah 7 lembar daun salam dicuci bersih lalu di rebus dengan tiga gelas air bersih sampal tersisa satu gelas. Sesudah dingin disaring, dibagi untuk dua kali minum.

5. Obat Sakit maag

Ambillah 15-20 lembar daun dicuci bersih, rebus dengan setengah liter air hingga mendidih. Tambahkan gula aren sesuai kebutuhan. Minum untuk teh setiap hari, hingga rasa penuh serta perih di lambung menghilang secara permanent.

6. Mabuk disebabkan Alkohol

Untuk menyembuhkan orang yang mabuk alkohol, ambillah segenggam buah salam yang telah masak dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Peras dan saring airnya, lalu diminumkan pada penderita.

7. Penyakit Kulit, Kudis, gatal

Ambil daun atau kulit batang atau akar, dicuci bersih lalu digiling halus hingga jadi adonan seperti bubur. Oleskan pada area yang sakit.

Bagian pohon salam pun yang dapat digunakan sebagai obat yaitu daun, kulit batang, akar, serta buahnya. Demikian Artikel kesehatan Blogger Bugis yang telah memaparkan beberapa manfaat daun salam, semoga bermanfaat.

Suka dengan artikel di atas? nggak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email:

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "7 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Sebagai Obat Tradisional"

Posting Komentar