10 Tips Ampuh Mengurangi Kebiasaan Makan Berlebihan

10 tips ampuh mengurangi makan berlebihan, Otak mempunyai kontrol penuh sekaligus dampak pada rutinitas makan kita. Nah, ironisnya, perut kelihatannya tambah lebih kuat waktu beradu dengan pikiran. Berapa kalikah anda memikirkan “satu gigit saja” sesudah makan besar tidak lagi punya pengaruh apa-apa? Sempatkah anda terasa jemu dirumah sendirian, lalu berupaya membunuh rasa jemu dengan menghadap TV sembari mengunyah makanan ringan? Sekali anda merogoh kantung camilan itu, tdk merasakan lantas anda sudah menghabiskan setengahnya kala suatu jeda iklan ditampilkan. Rutinitas makan seperti ini betul-betul punya pengaruh jelek pada kesehatan anda.

Kebiasaan Makan Berlebihan

10 Tips Mengurangi Makan Berlebihan


Berikut adalah beberapa anjuran untuk dapat mengontrol rutinitas makan, yang bisa memenangkan pikiran serta menaklukkan perut :

1. Konsentrasi Waktu Makan
Janganlah makan sambil melihat TV, kerjakan suatu hal di depan computer, atau kesibukan lain yang mengganggu konsentrasi makan anda. Anda bakal cenderung makan terlalu berlebih bila diimbangi kesibukan besar lainnya, karena anda tak bisa berkonsentrasi secara penuh. Serta parahnya lagi, anda bakal merasakan belum makan apa pun serta mau menambah lagi, dan lagi serasa pengen nambah terus.

2. Jauhi Iklan Makanan
Melihat iklan makanan di tv yaitu rutinitas yang benar-benar punya pengaruh pada hasrat dan pola makan. Penampakan makanan didalam iklan bisa bikin anda keluarkan air liur (dalam makna sesungguhnya, tetapi tak menetes-netes keluar karena tampilan makanan yang menarik selera merangsang sistem produksi saliva (air liur). Waktu melihat TV dan hingga pada jeda komersial, coba jauhi melihat iklan makanan dengan melakukan aktivitas lainnya.

3. Buat Porsi dan Frekuensi Makan
Buat porsi makanan dan frekuensi makan anda. Membagi porsi sampai lima atau enam porsi makanan ketimbang tiga porsi dalam satu hari bakal kurangi kecenderungan makan terlalu berlebih (dan serta ngemil camilan).

4. Jauhi Junk Food
Beberapa makanan instan (siap saji) serta camilan seperti kue, biskuit cream, dan lain-lain mempunyai andil besar dalam menggagalkan sistem diet anda. Jauhi! Makin sering anda melihatnya, maka makin kerap anda menginginkannya.

5. Nikmati Proses Makan
Makan yaitu suatu kesibukan yang mengasyikkan, selayaknyalah mesti di nikmati. Makan dengan pelan bakal meyakinkan proses pencernaan berjalan dengan baik. Dibutuhkan kira-kira 20 menit untuk dapat merasakan kenyang. Bila anda makan tergesa-gesa, perut sesungguhnya telah penuh, namun rasa kenyang belum datang, hingga cenderung bikin anda mau menambah porsi makan.

6. Biasakan untuk Makan (Sedikit) Saat sebelum Beraktivitas
Janganlah beraktivitas, terlebih datang ke suatu acara kondangan, dengan perut kosong melompong. Anda bakal cenderung melampiaskan nafsu makan sesudah melakukan aktivitas atau dalam satu acara (yang ada makan-makannya). Pada akhirnya, anda makan berlebihan. Oleh karena itu, sebelum akan meninggalkan rumah, minumlah air atau makan buah-buahan untuk mengisi sedikit area kosong di perut anda.

7. Janganlah biarkan Stress dan Jemu Membawa Anda ke Makanan
Waktu anda merasa stress atau jemu, coba untuk beraktivitas spesifik ( hoby) yang menghindari anda dari dapur, kulkas, dan pastinya, makanan. Kenapa mesti makan bila anda bisa membaca buku, dengarkan lagu-lagu cinta, membaca Artikel Sehat Blogger bugis, jalan-jalan, atau berkunjung ke rumah rekan? Otomatis anda juga sudah hadapi rasa jemu atau stress lewat cara yang benar.

8. Makan Dengan cara Teratur dan dalam Waktu Tepat
Berlatihlah untuk makan dengan cara teratur dalam jangka waktu yang sama tiap tiap harinya. Membiarkan satu waktu makan sesungguhnya malah beresiko untuk proses diet anda. Pada saat makan berikutnya, anda bakal makan jauh tambah banyak, karena anda terasa benar-benar lapar (atau kelaparan?)

9. Kontrol Porsi Waktu Makan di Luar
Bila anda makan diluar, katakanlah di restoran, hotel, atau di pesta makan bersama-sama teman, jauhi melebih-lebihkan porsi makan. Janganlah pesan makanan dalam porsi besar, jumbo, atau sejenisnya seperti yang di tawarkan atau terdaftar pada menu. Ambillah porsi normal seperti seperti porsi makan setiap harinya. Bila telah terasa kenyang, stop. Andaikan bisa, minta pelayan (atau barangkali anda sendiri?) untuk membungkusnya dan membawa pulang, untuk orang dirumah.

10. Belajar Masak Makanan Sendiri
Paling akhir, namun benar-benar utama, belajarlah untuk memasak makanan sendiri, tetapi tidak hanya mie atau telor mata sapi. Banyak riset mengatakan bahwasanya orang yang memasak makanannya sendiri (serta mencium aroma makanan waktu memasak) bakal menaikkan tingkat kepuasan. Hasilnya, selera makan yang menggelora lalu menyusut. dan Andalah chef-nya, yang punyai kendali penuh berapa banyak gula atau garam yang bakal dimasukkan ke dalam masakan anda. Salam sehat.

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "10 Tips Ampuh Mengurangi Kebiasaan Makan Berlebihan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel