Tips Mengatasi Dan Mendidik Anak Manja Agar Dapat Mandiri

Bagaimana cara mengatasi anak manja? berikut ini ulasan mengenai cara mendidik anank yang baik dan benar, Anak yang manja biasanya merupakan cerminan atau hasil didikan yang anda lakukan. Mungkin saja, ketika ia kecil anda sudah memberikan ini itu, melayani anak dengan begitu terintervensi dan melakukan banyak hal untuknya padahal ia bisa melakukannya sendiri.

Jika anak selalu dilayani kebutuhannya, maka ia akan berubah menjadi anak yang manja di kemudian hari. Semua orang tua pasti berkeinginan anaknya tumbuh menjadi anak yang mandiri. Karena anak yang mandiri akan membuat bangga dan tentunya tidak akan membuat orang tua repot. Anak yang mandiri cenderung akan banyak membantu dan meringankan pekerjaan orang tua.

Salah satu contoh hal yang bisa kita rasakan yaitu ketika anak memasuki bangku sekolah. Anak yang sudah memiliki kemandirian yang baik tentunya akan lebih mudah untuk ditinggal tanpa kita harus menemaninya di sekolah. Hal ini akan sangat berbeda ketika anak belum memiliki sikap mandiri.

Mengatasi Dan Mendidik Anak Manja


TIPS MENDIDIK ANAK MANJA


Anak yang belum mandiri pasti akan meminta orang tuanya untuk menemaninya di sekolah. Cara yang paling mudah untuk melihat kemandirian anak yaitu dengan melihat tingkah laku anak, bentuk emosional anak dan sosialisasi anak. Selain itu kemampuan anak bersosialisasi dengan cepat juga merupakan salah satu indikator kemandirian anak. Karena itu, kenali 10 tanda perilaku anak di bawah ini, dan segeralah bertindak untuk menanganinya.
  • Mereka menangis dan berteriak bila ingin sesuatu.
  • Suka merajuk sambil terlentang di lantai dan tak mau bangun.
  • Sering marah dan bahkan memukul anda ketika anda menghukumnya
  • Mengabaikan pertanyaan anda.
  • Bersikap kasar pada orang dewasa dan anak-anak lainnya.
  • Menolak berbagi mainan atau perlakuan tertentu dengan anak lainnya.
  • Suka pamer, dan menjadi pusat perhatian diantara kelompoknya.
  • Selalu menginginkan yang dimiliki orang lain. Bila telah berhasil memilikinya, mereka selalu menginginkan sesuatu yang baru.
  • Kamarnya berantakan dan tak mau membereskannya, hingga anda mengalah melakukannya.
  • Menolak untuk tidur.
Beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan orang tua adalah sering melayani anak untuk menyelesaikan keperluannya. Metode melayani inilah yang nantinya akan membuat anak cenderung manja dan enggan mandiri. Hal ini bisa terjadi dikarenakan orang tua cenderung merasa khawatir. Entah itu tidak beres, berantakan, terlalu lama dan lain sebagainya, sehingga orang tua akan mengambil jalan pintas yaitu melayani anak biar semuanya cepat terselesaikan. Berikut 5 tips Tips Mengatasi Dan Mendidik Anak Manja Agar Dapat mandiri:

1. KOMPAK DENGAN SEMUA PIHAK
Kita sering berusaha untuk tidak memanjakan anak, namun terkadang kakek, nenek, sanak saudara atau baby sitter cenderung memanjakan anak anda. Tentu saja, perilaku tersebut akan membuat usaha kita sia-sia dan anak akan tetap manja, sehingga sebuah metode yang tepat adalah membuat semua elemen yang mendidik anak menjadi kompak. Ajaklah semua sanak saudara yang dirasa cukup dekat kepada anak untuk terus kompak tidak memanjakannya dan kemudian memberikan didikan yang tepat

2. MENJAGA KESABARAN
Para orang tua sebaiknya mulai bersabar terutama ketika anak melakukan aktivitasnya dalam tempo yang lumayan lama.Tunggulah hingga anak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri dan jangan memarahi anak ketika anak tidak mampu menyelesaikan masalahnya.

3. BERKOMUNIKASI DENGAN ANAK
Sebaiknya orang tua harus bisa menjalin komunikasi dengan anak secara baik. Hal yang mesti bisa dilakukan orang tua yaitu memberikan motivasi dan arahan kepada anak. Gunakanlah bahasa-bahasa yang terkesan menyuruh dengan gaya bahasa lainnya namun bisa memotivasi anak.

4. HARUS KONSISTEN
Konsisten harus ada dalam diri orang tua terutama ketika anak sudah merasa bosan, anak merasa tidak mampu, anak cepat putus asa, anak tidak mau melakukan dan lain sebagainya. Orang tua harus kreatif dan cerdas sehingga anak akhirnya mau melakukannya sendiri.

5. MEMEBERIKAN PENGHARGAAN
Salah satu hal yang mesti dilakukan yaitu memberikan apresiasi kepada anak atas jerih payahnya. Salah satu contoh penghargaan sederhana yang bisa kita berikan yaitu ciuman ataupun pelukan. Hadiah-hadiah yang lain juga bisa kita berikan sesuai dengan prestasi anak.

Perlu digaris bawahi dan kita ketahui bersama bahwa menyuruh anak melakukan sendiri yang menjadi kebutuhannya bukan berarti orang tua tidak sayang kepada anak. Akan tetapi hal tersebut merupakan bentuk kasih sayang orang tua yang sesungguhnya. Tapi perlu diingat juga bahwa tidak boleh ada kekerasan dan pemaksaan kepada anak.

Suka dengan artikel di atas? nggak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email:

Disarankan Untuk Anda:

0 Response to "Tips Mengatasi Dan Mendidik Anak Manja Agar Dapat Mandiri"

Posting Komentar