All Share Artikel Terbaru Dan Terupdate serta memiliki nilai bermanfaat bagi pembacanya hanya di bloggersbugis.com

Cara Mengetahui Kualitas Gitar Akustik

Gitar akustik merupakan jenis gitar yang suaranya dipengaruhi oleh kayu pembuat gitar dan senar yang dipakai. Semakin tinggi kualitas kayu dan senar, semakin indah suara yang dihasilkan.


  1. Gitar yang memiliki kualitas baik biasanya memiliki bobot yang lebih berat dan berisi dibanding dengan gitar kualitas buruk. Hal ini disebabkan karena bahan yang digunakan untuk membuat gitar yang baik menggunakan triplek dengan kualitas tinggi.
  2. Ketahuilah jenis kayu yang digunakan. Jenis kayu yang digunakan biasanya berbahan Spurce dan Meranti. Dua jenis kayu ini merupakan jenis kayu yang berkualitas. Kualitas gitar yang bagus harus berbahan full kayu
  3. Perhatikan lengkungan dan sambungan dari setiap kayu. Lengkungan yang terbentuk sempurna akan menghasilkan gitar yang baik. Biasanya gitar dengan kualitas buruk memiliki sambungan yang putus-putus.
  4. Pada tiap sisi body harus dilengkapi dengan fiber.
  5. Pada bagian leher gitar harus dilengkapi dengan plat besi sebagai pengencang gitar. Hal ini diperlukan karena jika senar ditarik dengan kuat maka leher gitar (neck) tidak bengkok bahkan patah. Plat besi diletakan di dalam body atau di ujung leher gitar dengan ditambah mika.
  6. Tes body gitar dengan mengetukkan jari atau tangan pada body gitar untuk mengetahui suara yang dihasilkan. Jika suara yang dihasilkan padat maka gitar tersebut memiliki kualitas yang baik. Jika terdengar kosong atau hampa, maka kualitas gitar tersebut terbilang buruk.
  7. Bahan fret gitar harus terbuat dari stainless, karena bukannya hanya menghasilkan suara yang bagus tapi juga awet.
  8. Pemilihan tuning peg harus tepat. Tuning peg berfungsi untuk menyetel atau menyetem senar gitar. Pilihlah tuning peg yang memiliki akurasi tinggi. Tuning peg yang memiliki kualitas bagus terbuat dari stainless steel agar tidak mudah berkarat.
  9. Terakhir, cek suara gitar dengan cara memainkannya. Cek ketepatan nada yang dihasilkan saat kita berpindah fret sepanjang leher gitar (neck). Gitar dengan kualitas buruk akan terdengar fals jika sudah mencapai fret diatas 12.
  10. Senar yang baik, menggunakan senar nylon atau senar steel. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Senar nylon suara lebih kecil tapi lebih awet dan lentur, sedangkan senar steel suara keras, namun mudah rusak atau putus.
Memilih gitar yang berkualitas memang cukup sulit karena memerlukan naluri dan ketelitian. Berikut rekomendasi untuk beberapa gitar yang berkualitas sebagai referensi memilih gitar. Baca Juga: Daftar Gitar Akustik Terbaik
Berikut beberapa contoh gitar berkualitas yang ada di dunia, antara lain :
  1. Fender CD-60 Dreadnought
  2. Washburn WD7S Harvest Series
  3. LAG T100D Stage Series Dreadnought
  4. Martin LX1 Little Martin
  5. Guild GAD D-250
  6. Yamaha F-310
  7. Recorder King RPH 05
  8. Fender Sonora SCE
  9. Yamaha FG700S
  10. Epiphone Hummingbird
Cara Perwatan Gitar Akustik
Sebagus apapun sebuah gitar akustik, pasti memerlukan perawatan tepat agar kualitas gitar tetap terjaga dan kualitas tetap suara tetap pada performa serta dari segi penampilan tetap indah dan bersih. Berikut beberapa tips untuk merawat gitar, antara lain :

1. Letakkan gitar pada case

Saat membeli gitar, sebaiknya anda juga membeli case untuk tempat atau wadah gitar. Hal ini dilakukan agar gitar terlindung dari debu dan mengurangi kemungkinan kerusakan jika terjadi benturan atau terjatuh. Case gitar terbagi menjadi dua jenis yaitu softcase dan hardcase, untuk softcase bahan yang digunakan cukup lembut dan terbuat dari kain atau kulit, sehingga tidak dapat melindungi gitar dari benturan namun pas untuk melindungi dari debu dan kotoran. Sedangkan untuk hardcase, bahan yang digunakan lebih tebal dan kuat karena terbuat dari kayu yang dilapisi plastik atau kulit. Hardcase sangat dianjurkan untuk melindungi gitar, karena tidak hanya dapat melindungi dari debu dan kotoran saja, namun jika terjadi benturan maka gitar tetap aman dan tidak lecet. Hardcase cocok untuk dibawa berpergian, semisal latihan band atau konser.

2. Letakan gitar pada tempat yang tepat

Setelah bermain gitar, pastikan anda menaruh gitar pada tempat yang tepat agar menghindari benturan atau bahkan sampai terjatuh. Hal ini dapat merusak kualitas gitar, atau bahkan gitar tidak bisa digunakan kembali.
Jangan letakkan gitar pada dinding. Sewaktu-waktu jika gitar tersenggol maka gitar dapat rusak. Selain itu jangan biarkan gitar tergeletak begitu saja di lantai atau di kasur, karena dapat menimbulkan resiko tertendang atau tertimpa barang lain. Kemudian sebisa mungkin jauhkan dari tempat yang lembab, karena dapat menimbulkan jamur pada body gitar.

Letakkan gitar pada stand gitar supaya lebih aman, atau masukan pada case gitar sehingga terhindar dari debu dan juga benturan.

3. Pastikan gitar terlihat bersih

Kebersihan gitar dapat membuat gitar nampak masih baru dan jauh dari kesan buruk. Bersihkan gitar mulai dari body gitar depan, belakang dan samping menggunakan kain. Kemudian bersihkan bagian bawah senar yang cukup sulit jika menggunakan kain, sebaiknya bersihkan bawah senar menggunakan kuas cat yang kecil sehingga dapat menjangkau sela-sela sempit bagian bawah senar.

4. Senar gitar wajib selalu bersih

Senar sangat penting dalam sebuah gitar, karena jika senar tidak terawat maka kualitas dari suara gitar tidak maksimal. Senar sebaiknya selalu dibersihkan sebelum dan sesudah menggunakan gitar. Hal yang perlu dilakukan adalah, bersihkan senar menggunakan kain atau pembersih senar khusus (string cleaner). Salah satu yang direkomendasikan menggunakan baby oil atau minyak telon untuk membersihkan senar.

Bagian senar merupakan bagian yang selalu dipegang, saat bermain gitar pasti banyak kotoran yang menempel pada senar karena kotoran atau keringat pada tangan kita akan menempel pada senar. Kotoran yang menempel dapat menimbulkan karat pada senar. Senar yang berkarat dapat menyebabkan fret menjadi rusak sehingga senar yang dipetik akan menghasilkan nada yang cempreng.

5. Kendorkan senar gitar
Jika gitar tidak digunakan dalam jangkau waktu yang lama, sebaiknya kendorkan senar gitar kalian. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya bengkokan pada neck gitar dan terputusnya senar gitar. Walaupun kemungkinan kecil terjadinya kerusakan, namun sebaiknya mencegah terjadinya hal tersebut.

6. Ganti senar secara rutin
Senar merupakan bagian penting dalam menghasilkan suara yang indah dari sebuah gitar. Senar gitar yang sudah lama dan jarang mendapat perawatan pasti akan menimbulkan karat, sebaiknya ganti senat gitar yang sudah berkarat atau yang sudah dirasa hampir putus. Hal ini tidak hanya menimbulkan suara yang tidak enak didengar, tapi juga dapat merusak fret gitar. Terlebih senar yang berkarat dapat menimbulkan infeksi pada tangan. Gantilah senar gitar satu set, jangan Cuma satu bagian senar saja karena akan menimbulkan suara yang berbeda antara senar baru dan senar lama.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengetahui Kualitas Gitar Akustik

0 komentar:

Posting Komentar