All Share Artikel Terbaru Dan Terupdate serta memiliki nilai bermanfaat bagi pembacanya hanya di bloggersbugis.com

8 Makanan yang dapat Diberikan pada si Kecil saat Demam

Bloggerbugis, kumparan - Ketika anak demam, orang tua harus pintar dalam menyiasati makanan yang akan dimakan oleh anak. Tidak melulu anak diberikan obat untuk meredakan gejala demam, Anda bisa memberikan makanan yang bergizi dan berimbang karena sangat dibutuhkan untuk masa penyembuhan.

8 Makanan yang dapat Diberikan pada si Kecil saat Demam

Jika si kecil terserang demam yang tidak terlalu parah, orang tua hanya perlu memberikan asupan makanan dan minuman yang bernutrisi. Elektrolit perlu diberikan untuk menghidrasi tubuh anak. Selain elektrolit, camilan yang kaya akan serat juga dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh si kecil.

1. Oatmeal

Ketika anak sedang demam, berikan makanan lunak agar anak mudah mengunyahnya. Selain bubur, berikan oatmeal yang kaya akan nutrisi dan serat untuk anak Anda. Selain kandungan serat yang tinggi, oatmeal juga menyediakan magnesium, protein, fosfor dan vitamin B1 (thiamin), yang berperan penting dalam memproduksi energi. Buatkan oatmeal dengan campuran buah cherry dan jeruk untuk si kecil untuk meningkatkan energinya.

2. Crackers Gandum

Dalam tahap penyembuhan demam butuh waktu yang cukup lama untuk tubuh anak fit kembali. Pada tahap tersebut, anak harus mengkonsumsi makanan yang bergizi termasuk camilan yang mengandung banyak nutrisi, salah satunya Crackers gandum. Crackers gandum dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak. Demam akan cepat turun, tetapi orang tua harus tetap memperhatikan makanan yang dikonsumsi si kecil. Karena tubuh sangat rentan dalam tahap ini.

3. Air Kelapa

Air kelapa mengandung banyak elektrolit, potasium, dan vitamin C. Berikan air kelapa pada anak agar tubuhnya dapat terhidrasi kembali. Pada saat anak demam, ganti air mineral dengan minuman yang mengandung elektrolit seperti air kelapa karena dapat menurunkan demam dengan cepat. Penambahan vitamin C dapat meningkatn sistem kekebalan tubuh anak.

4. Smoothies

Anda dapat membuat aneka smoothies untuk anak Anda yang terserang demam. Gunakan bahan-bahan yang kaya akan probiotic seperti yogurt karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Aneka buah berry, pisang, mangga, susu kelapa, dan alpukat bisa menjadi pilihan Anda. Perpaduan buah mangga dan pisang sangat disarankan untuk membuat segelas smoothies.

5. Es Buah Loli

Tak ada salahnya memberikan minuman dingin pada anak yang sedang demam. Selama minuman yang diberikan mengandung nutrisi tinggi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jika anak tidak suka meminum jus buah, maka Anda dapat membuat es loli berbahan dasar buah seperti buah pomegaranate. Hal ini tentu dapat menarik perhatian anak Anda meskipun sedang demam. Gunakan buah-buah yang banyak mengandung air sehingga anak tetap terhidrasi.

6. Kaldu Ayam

Sebagian orang percaya bahwa kaldu ayam memiliki khasiat anti-inflamasi yang bagus untuk tubuh. Tetapi, jika ternyata kaldu ayam tidak memiliki khasiat tersebut, kaldu ayam tetap bagus dikonsumsi karena dapat memberikan nutrisi tinggi, terutama pada seseorang yang sedang sakit. Buatlah kaldu ayam sebagai campuran bubur untuk anak Anda.

7. Campuran Teh, Madu, dan Lemon

Hindari mengkonsumsi teh hitam ketika sedang sakit, karena teh hitam mengandung kafein yang dapat membuat tubuh anak semakin drop. Berikanlah anak Anda teh herbal yang diseduh dengan air panas dengan tambahan madu dan perasan air lemon yang berkhasiat untuk menurunkan demam dan mengobati sakit tenggorokan.

8. Buah Jeruk

Buah yang mengandung vitamin C menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan kepada anak Anda ketika sedang demam. Vitamin C yang ada pada buah jeruk dapat membantu tubuh anak terhidrasi kembali dan kandungan gula dapat memberikan energi pada anak. Tapi buah jeruk tidak cocok bagi perut anak yang tidak terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman asam.

Sumber: kumparan.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 8 Makanan yang dapat Diberikan pada si Kecil saat Demam

0 komentar:

Posting Komentar