All Share Artikel Terbaru Dan Terupdate serta memiliki nilai bermanfaat bagi pembacanya hanya di bloggersbugis.com

Memilih Printer dan Harga Printer Yang Tepat

BloggerBugis - Printer saat ini merupakan barang yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Printer sekarang tak hanya digunakan untuk mencetak dokumen dan foto saja, tapi sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti scanner dan fotocopy. Harga yang ditawarkan pun bermacam-macam dari mulai yang murah hingga yang paling mahal sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan penggunanya.

Nah, pertanyaannya bagaimana memilih printer yang tepat yang bisa mengakomodasi kebutuhan Anda tetapi dengan harga yang rasional. Mungkin Anda harus memulainya dengan mengetahui jenis-jenis printer yang ada dipasaran. Sehingga Anda dapat menyesuaikan budget yang Anda miliki untuk membeli printer sesuai keinginan.

Memilih Printer dan Harga Printer Yang Tepat

Jenis-Jenis dan Harga Printer

Beberapa mungkin belum tahu tentang jenis printer. Sehingga saat Anda membeli harga yang Anda dapatkan cenderung mahal atau bahkan tidak sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan. Anda harus tahu kebutuhan penggunaan printer difokuskan untuk apa. Jenis-jenis printer yang bisa Anda temui dipasaran diantaranya adalah:

Printer Inkjet
Printer inkjet biasanya penggunaannya hanya sebatas penggunaan sehari-hari dirumah. Jenis printer ini biasanya yang paling banyak dipasaran. Printer ini dapat mencetak apapun diantaranya mampu mencetak tulisan, tabel, hingga foto. Namun perlu Anda ketahui bahwa hasil dari printer inkjet warnanya tidak akan setajam printer laser.
Dari kemampuannya mencetak juga cenderung lambat. Printer ini cukup memerlukan biaya yang mahal untuk perawatannya. Namun jika untuk pembeliannya, printer inkjet memang harganya lebih murah dan bersahabat.

Printer laser
Printer laser banyak digunakan untuk perkantoran karena mampu mencetak banyak dokumen dalam waktu yang cepat. Hasil cetakan yang dihasilkan juga lebih tajam serta tintanya tidak basah atau kotor. Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan printer inkjet, tetapi sekarang banyak printer laser yang sesuai untuk konsumen yang ingin menggunakannya di rumah. Untuk perawatan seperti penggantian color laser toner hingga saat ini memang masih sangat mahal.

All in One Printer
All ini one printer atau sering disebut printer serba ada terdiri atas printer inkjet atau laser yang memiliki fitur scanner, mesin fotocopy, hingga mesin fax. Anda mungkin tak menggunakan semua fitur tersebut. Tapi ini bisa menjadi alternative bagi Anda yang tidak ingin membeli printer dan scanner secara terpisah karena harga satuannya sangat mahal.

Pada printer all in one ini Anda mendapatkan satu paket lengkap dengan berbagai fitur dengan harga yang murah. Hingga saat ini printer all in one ini yang paling banyak diminati karena lengkap juga harga printernya cenderung murah.

Photo Printer
Jika Anda lebih banyak menggunakan printer untuk mencetak foto dibandingkan dokumen lain, ada baiknya Anda membeli printer khusus foto. Photo printer ini bentuknya memang sangat besar dan kurang fleksibel dibandingkan dengan bentuk printer lain. Tetapi kualitas hasil cetakan yang dihasilkan terutama untuk foto sangat baik.

Gambarnya lebih tajam dan solid dibandingkan printer inkjet ataupun laser. Oleh karena itu sangat baik untuk mencetak foto. Namun, dengan segala keunggulannya printer ini juga dijual cukup mahal dibandingkan dengan printer biasa.

Selain mengetahui harga printer Anda juga harus membeli kebutuhan lain untuk printer. Banyak printer yang saat ini dijual murah tetapi kualitas bagian-bagian printernya kurang baik sehingga mudah rusak. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki cadangan beberapa bagian penting printer seperti cartridge. Cartridge merupakan salah satu bagian yang sering rusak dan butuh cepat diganti.

Cartridge bisa rusak akibat tinta yang digunakan kualitasnya jelek atau tidak sesuai, sehingga hasil cetak tidak memuaskan. Kekurangan dari printer dengan harga murah biasanya cartridge-nya lebih mudah kering sehingga harus diisi ulang lebih sering. Hal yang jarang diperhatikan adalah penggunaan tinta isi ulang yang tidak berkualitas dan berakibat merusak cartridge sehingga Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Fitur-fitur Canggih Yang Ada Pada Printer Sekarang

Banyak inovasi dan teknologi yang diterapkan pada printer sehingga mempermudah penggunanya dalam menggunakan alat ini. Meskipun untuk fitur lengkap pada sebuah printer akan dihargai sangat mahal. Tetapi untuk kepuasan dan kebutuhan biasanya orang membeli printer dengan fitur-fitur yang lengkap. Berikut beberapa fitur printer yang paling baru:

Duplexing (Mencetak dan Scan Dua Sisi
Bagi Anda yang sangat membutuhkan fitur cetak bolak-balik tanpa harus sulit dan rumit, sebaiknya Anda mencari printer dengan fitur duplexing. Hal ini bisa jadi pertimbangan bagus saat Anda akan membeli printer. Pada printer dengan kemampuan duplexing Anda dapat melakukan scan ataupun print pada kedua sisi halaman tanpa membolak baliknya secara manual. Pencetakan dua sisi dilakukan otomatis oleh mesin tanpa harus ada campur tangan kita.

Fitur ini sekarang banyak juga diterapkan pada printer all in one dengan teknologi ADF (automatic Document Feeder) untuk scan dua sisi. Printer yang tidak memiliki teknologi ADF ini tidak akan bisa melakukan scan atau print dua arah. Hingga saat ini fitur duplexing banyak dicari. Karena selain mudah, fitur ini juga membantu Anda menghemat kertas untuk hasil print. Anda bisa menggunakan 1 halaman penuh tanpa harus mengganti kertas.

Koneksi Jaringan
Printer biasanya menggunakan USB untuk menyambungkan komputer atau laptop. Hal ini sudah menjadi standar konektivitas printer dalam mencetak dokumen. Namun saat ini ketika teknologi semakin maju. Anda tak harus menyambungkan kabel untuk dapat mencetak pada printer. Cukup menggunakan sambungan wireless saja.

Penggunaan wifi pada printer memungkinkan Anda untuk mencetak dokumen dimana saja selama masih ter-cover area wifi. Selain itu Anda juga dapat mencetak dokumen langsung dari smartphone, camera digital, tablet yang sudah mendukung perangkat pencetakan langsung. Anda dijamin tidak akan repot lagi.

Memiliki Memory Card Slot, PictBridge, atau Cloud
Bagian Anda yang akan mencetak foto dalam jumlah yang banyak langsung pada camera digital. Ada baiknya Anda membeli printer dengan fitur built in memory slot, Pict Bridge atau Cloud. Anda bisa langsung mencetak foto tanpa harus mentransfernya terlebih dahulu ke komputer. Cukup memasukkan memory card Anda pada slot yang ada pada printer, Anda langsung bisa mencetaknya.
Pictbridge memungkinkan kamera terhubung ke printer dengan USB kabel, dan Anda bisa langsung mencetaknya dengan mudah. Untuk konektivitas Cloud Anda dapat mengirim file pada ruang penyimpanan Cloud seperi Google Cloud, dropbox ataupun onedrive. Sangat canggih kan teknologi-teknologi ini ?

Paper Handling
Pada printer terdapat paper tray dengan ukuran kertas 8,5 x 11 inchi yang digunakan untuk menyimpan kertas persiapan sebelum dilakukan pencetakan. Hingga saat ini banyak yang menawarkan teknologi paper handling yang sangat maju hingga dapat menyimpan 250 lembar kertas. Anda jadi tak perlu lagi terlalu sering mengisi ulang kertas.

Nah, Anda sekarang sudah tahu bukan, jenis-jenis printer, harga printer, dan fitur-fitur terbaru yang ada pada printer? Diharapkan ulasan ini dapat menambah pengetahuan yang bisa dijadikan referensi untuk membeli printer sesuai kebutuhan dan budget Anda. Selamat memilih !

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Memilih Printer dan Harga Printer Yang Tepat

0 komentar:

Posting Komentar