All Share Artikel Terbaru Dan Terupdate serta memiliki nilai bermanfaat bagi pembacanya hanya di bloggersbugis.com

Inilah 10 Manfaat dan Efek Samping Buah Pinang

BloggerBugis - Dilihat secara sekilas pohon pinang menyerupai pohon kelapa akan tetapi jika diperhatikan dengan seksama maka memiliki banya perbedaan. Pinang yang dikelompokkan dalam genus tumbuhan sejenis palma/palm, yang bentuk batangnya tinggi dapat mencapai ketinggian 30 meter, yang batangnya agar kecil dari batang pohin kelapa, lurus ke atas.

Daunnya berada di atas pangkal batang mirip dengan pohon kelapa namun menjadi beda tangkai daunnya lebih pendek dari kelapa dan memiliki daun yang berbeda dari kelapa tentunya. Selain itu pohon ini juga mempunyai buah yang oval seperti telur namun ukuran buah pinang lebih kecil dari buah kelapa. Buah pinang jika masak berwarna kemerahan atau kuning, warna hijau buah pinang muda. Pohon ini dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang beriklim tropis.

Indonesia sebagai negara yang termasuk memiliki pohon pinang banyak menjadikan pohon ini sebagai salah satu komoditi yang di Ekspor ke negara India, Pakistan, Bangladesh dan Nepal sebagai Pinang pun kadang dijadikan bahan pewarna kain. Di dalam negeri sendiri pinang bahan dasar pembuatan makanan ringan atau permen.

Manfaat Buah Pinang

Manfaat dan Efek Samping Buah Pinang

Selain itu buah pinang merupakan salah satu bahan untuk membuat sirih, manfaat pinang ini sudah dikenal sejak dahulu kala oleh nenek moyang kita. Melihat fungsi-fungsinya tersebut apakah pinang punya manfaat bagi kesehatan? yah tentu karena pada buah pinang terdapat senyawa arecaidine, arecolidine, guvacoline, guracine dan lainnya nah untuk lebih jelasnya dibawah ini simak penjelasan manfaat buah pinang:

MENGATASI MULUT KERING
Orang yang menyirih biasanya mulutnya tidak kering karena kinerja buah pinang yang akan membuat air ludah selalu keluar, nah udah ini akan mencegah orang terserang penyakit disentri.

BAIK GIGI DAN GUSI
Siapkan 1 biji buah pinang yang masih muda/pinang yang masih hijau, iris kecil-kecil selanjutnya kunyah irisanya, lakukan hal tersebut sebanya 2-3 kali dalam seminggu maka dapat menguatkan gigi dan gusi Anda.

OBAT CACING
Buah pinang yang dipadukan dengan temulawak dan kunyit Semua bahan ini di rebus hingga matang dan kemudian saring airnya dan minum. Kandungan air minum ini dapat mengatasi penyakit cacingan. Hal ini di gunakan pula oleh peternakan Unggas tentunya dapat mempertahankan produksi telur karena ayam akan terbebas dari serangan cacing.

MEYEMBUHKAN LUKA
Cari daging buah pinang yang masih muda yang dihaluskan dengan cara ditumbuk, dan balurkan kepada kulit yang terluka. Lakukan secara bertahap maka luka tersebut akan cepat mengering dan sembuh.

RABUN MATA
Kunyah daging pohon pinang dan telan airnya hal tersebut dapat mengatasi bagi anda yang mengalami ganguan dengan penglihatan/rabun mata.

MENGENCANGKAN VA9INA
Buah yang memiliki rasa sepat agak asam ini di katakan jika sangat baik untuk pemulihan va9ina setelah proses melahirkan. Cara untuk mengkonsumsinya juga termasuk mudah dengan cara memasak buah pinang kemudian menyaring airnya dan kemudian di minum secara berkelanjutan setelah proses melahirkan.

MENINGKATKAN VITALITAS
Selain mengencangkan va9ina pinang ternyata juga dapat meningkatkan kemampuan/keperkasaan pria. Selain itu dapat menstimulasi hormon untuk meningkatkan gairah s3ks karena dalam buah pinang terdapat sebuah senyawa yang dapat meningkatkan kinerja jantung.

EFEK SAMPING DARI BUAH PINANG
Namun perlu di ingat mengkonsumsi buah pinang harus segera dihentikan jika penyakit yang di derita sudah sembuh. Karena di percaya buah ini mempunyai racun di dalamnya. Konsumsi berlebihan akan berbahaya pada tubuh di percaya kandungan tersebut dapat membuat manusia mengidap kanker.

Selain hal itu kegiatan menyirih dengan memanfaatkan buah pinang yang bila berlebihan akan menimbulkan anemia bagi orang yang memakainya, oleh karena itu kegiatan nyirih harus dijauhi bagi wanita yang dalam keadaan hamil.

Selain itu efek sampingnya tak baik bagi penderita tekanan darah yang tinggi maupun rendah serta dapat menjadikan detak jantung tak beraturan. terdaptnya kandungan senyawa arekolina dan arekaina hingga pinang mempunyai racun di dalamnya dan 2 senyawa ini sangat aktif. Oleh karena itu jika penyakit yang diobati sudah sembuh agar berhenti mengkonsumsi.

MANFAAT LAIN DARI BUAH PINANG
Selain sebagai obat pohon pinang sendiri kadang dijadikan tanaman hias. Pelepah atau daun pinang yang sudah tua dapat digunakan untuk sebagai alas duduk atau mainan anak-anak dengan cara duduk pada pelepah kemudian menarik tangkai daun agar bisa bergerak. Pelepah pinang dapat di gunakan sebagai bahan dasar berbagai kerajinan anyaman.

Manfaat pinang yang paling dikenal adalah selalu ikut serta dalam meperingati hari kemerdekaan/17 Agustus masyarakat mengambil batang pohon untuk di jadikan sarana untuk lomba yaitu panjat pinang yang dilumuri oleh oli dan kemudian orang-orang berupaya untuk memanjat batang pinang yang begitu licin untuk mengambil hadiah di pucak

Pinang juga sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai talang air dengan cara menghilangkan bagian tengah batang pinang dan letakkan tempat yang sesuai jadilah talang air yang terbuat dari pinang. Nah itulah bererapa manfaat buah Pinang dan efek Sampingnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah 10 Manfaat dan Efek Samping Buah Pinang

0 komentar:

Posting Komentar