All Share Artikel Terbaru Dan Terupdate serta memiliki nilai bermanfaat bagi pembacanya hanya di bloggersbugis.com

Tips Memancing dan Doa Memancing Ikan Supaya Dapat Banyak

Blogger Bugis - Bila Anda termasuk orang yang hoby memancing ikan, baik itu memancing di laut, sungai, dikolam atau empang, blogger Bugis yakin pasti sudah mengenal secara jelas macam-macam alat pancing, jenis-jenis ikan favorite para pemancing, dan bahkan juga trik dalam memancing yang bisa menghasilkan banyak ikan besar. Hal semacam itu yaitu tehnik dasar yang perlu dikuasai terlebih dahulu oleh pemancing ikan. Akan tetapi, di sisi lain, nyatanya ada hal yang perlu dikuasai juga oleh para pemancing, yakni doa memancing ikan.

Memancing ikan laut adalah sala satu rutinitas memancing, hoby, atau salah satu cara menangkap ikan di laut dengan cara memakai alat pancing mulai dari pinggir hingga ke tengah laut. Ada tiga jenis memancing di laut saat ini, yaitu memancing di tepi laut, memancing tengah laut, serta memancing permukaan laut.

Untuk beberapa orang, memancing ikan yaitu hoby yang begitu mengasyikkan, terlebih mancing ikan di laut. Pasalnya, terpaan ombak, pengaruh cuaca, serta jenis ikan yang bakal diperoleh lebih menantang ketimbang mancing di sungai atau danau.

Mancing di laut bukan cuma bisa dilakukan kala siang hari (selama pagi sampai senja) akan tetapi juga pada malam hari. Aktivitas mancing ini sangatlah tergantung pada buruk baiknya cuaca waktu memancing.

Bila Anda merencanakan untuk memancing di lautan lepas, Batu Karang saat siang hari, waktu yang terbaik yaitu kala pagi akan tiba. Pada saat pagi/dini hari atau subuh tiba, terdapat banyak jenis ikan laut yang siklus biologisnya menjadikan mereka terbangun dari tidurnya dan mencari makanan.

Dari waktu pagi, aktivitas mancing dapat dilanjutkan sampai siang hari sepanjang sinar matahari tak terhalang oleh awan mendung, kerena keadaan cuaca yang mendung mempersempit jarak pandangan Anda ke laut, makanya mendung kadangmenyusahkan Anda dalam mencari area mancing yang strategis (terumbu karang) di laut.

Sementara itu, bila Anda merencanakan untuk mancing pada malam hari, cermati keberadaan bulan. Waktu dimana bulan tak terlihat (terhalangi awan) merupakan waktu yang terbaik untuk mancing ikan laut saat malam hari.

Hal semacam ini berkenaan dengan cahaya bulan yang terpantul di atas permukaan air. Kandungan garam di air laut serta cahaya bulan mengakibatkan tali pancing yang Anda benamkan tampak menyala. Nah nyala dari pancing Anda kelihatan dari dalam laut serta menjauhkan ika yang mungkin anda pancing.

Walau demikian, bila Anda merencanakan untuk mancing cumi-cumi atau memancing udang, cahaya bulan malah berikan keuntungan untuk Anda lantaran ke-2 hewan laut ini begitu tertarik pada cahaya. Hewan-hewan ini condong berkumpul di permukaan air waktu bulan bercahaya terang. Itulah mengapa beberapa nelayan membuat sinar buatan memakai lampu atau petromaks untuk mancing udang dan cumi2.

Tips Memancing dan Doa Memancing Ikan Supaya Dapat Banyak

Cara Memancing Ikan Supaya Dapat Banyak


Ombak, awan, serta kecepatan angin juga merubah aktivitas ikan di laut. Besar atau kecilnya ombak disebabkan tiupan angin. Bila ombak besar, ikan-ikan cenderung berdiam diri di area teluk. Bila awan menghambat cahaya matahari, ikan-ikan cenderung berenang jauh sampai kedasar lautan, hingga kurang menguntungkan untuk mancing ikan.

Sementara itu, memancing ikan kala musim hujan tiba, kandungan garam di air laut bakal menyusut lantaran banyak curah air tawar yang terkumpul melalui turunnya hujan. Ini mengakibatkan jumlah ikan di dekat permukaan laut menyusut ; ikan-ikan cenderung mengungsi ke tengah lautan atau bersembunyi dibalik terumbu karang.

Secara garis besar, tehnik mancing di laut bisa dibagi ke dua tipe, yakni mancing di dalam laut (offshore) serta mancing dari daratan (inshore). Lalu, tehnik mancing dari daratan (inshore) bisa dibagi lagi menjadi beberapa jenis.

Ada jenis memancing dari pantai (surfishing). Tehnik mancing dari pantai umumnya diaplikasikan di tepi pantai berpasir dengan memakai alat spinning. Terkecuali spinning, umumnya dipakai juga beragam jenis perlengkapan lainnya, bergantung dari jenis ikan apa yang akan dipancing.

Kerapkali beberapa pemancing memakai umpan hidup seperti irisan ikan mati, ikan hidup, cacing laut, udang, serta kepiting kecil. Namun, banyak juga pemancing yang memakai umpan tiruan. Bila pilih tempat yang tepat, mungkin saja Anda memperoleh tangkapan ikan besar.

Ada pula memancing dari dermaga (pierfishing). Pada jenis ini, pemancingan dapat dikerjakan dari dermaga kayu, pelabuhan, bahkan juga penahan gelombang. Umumnya pemancing yang melakukan pierfishing merupakan pemancing amatir yang mancing dengan maksud hanya utuk rekreasi bersama-sama keluarga.

Walau demikian, bukanlah artinya mancing dari dermaga tak cocok untuk memperoleh ikan-ikan besar. Ikan-ikan seperti kakap, ikan pari, ikan hiu, dan sebagainya mungkin saja berada dibawah dermaga. Alat pancing yang umum dipakai adalah tipe spinning, jenis merupakan jenis cukup mudah digunakan. Umpan yang dipakai dalam pierfishing samadengan dalam surfishing.

Yang paling akhir yaitu mancing dari batu karang (rockfishing) dan ini sangatlah pas untuk di pantai yang berbatu karang. Bila Anda mancing ikan dari atas batu karang

(umumnya batu karang yang terjal serta susah digapai), kemungkinan besar untuk memperoleh ikan yang semakin besar daripada jika Anda mancing di pantai (surfishing) ataupun di dermaga (pierfishing). Adapun peralatan serta umpan yang dipakai dalam rockfishing samadengan keduajenis pemancingan inshore sebelumnya.

Terdapat beberapa aspek yang pengaruhi aktivitas memancing di laut, diantara yang paling dominan yaitu hal cuaca yang perlu benar-benar dicermati, yakni faktor cuaca diatas permukaan laut.

Matahari dan bulan yaitu faktor cuaca diatas permukaan laut. Faktor matahari di siang hari dan bulan. pada malam hari nyatanya banyak mengubah aktivitas memancing di laut ini. Di siang hari, memancing baiknya dikerjakan waktu pagi atau subuh mendekati dimana ikan keluar untuk mencari makan sesudah tertidur.

Waktu malam hari, ada tidaknya bulan bakal merubah aktivitas memancing. Memancing sewaktu bulan terlihat, bakal menyebabkan senar pancing yang masuk ke air laut yang memiliki kandungan garam bakal amat jelas kelihatan, seperti yang memantulkan sinar, hingga umumnya ikan bakal menjauh.

Selain itu, ada awan, ombak, serta angin. Ketiga hal itu juga sangatlah mempunyai pengaruh dalam aktivitas memancing ini. Angin yang berhembus kencang bakal menyebabkan ombak yang besar.

Bila memancing di dalam teluk yang curam, disaat berlangsung ombak besar umumnya ikan-ikan kecil bakal bergerak ke pinggir teluk yang bakal diikuti oleh ikan-ikan besar yang sedang mencari mangsa, hingga ikan ditengah teluk jadi berkurang.

Tips Doa Memancing Ikan

Doa memancing ikan ini sepintas memanglah tak begitu penting peranannya, akan tetapi bila Anda merupakan orang yang mempercayai adanya Tuhan, pasti Anda juga bakal tahu bahwa Tuhanlah yang memastikan semua rizki ummatnya dan Tuhanlah yang menentukan pada siapa saja rizki itu diberikan.

Dengan kata lain, bila Anda memancing, sebenarnya yang menggerakkan ikan untuk memakan umpan Anda adalah Tuhan. Apabila Tuhan memastikan bahwa Anda tak memperoleh hasil dari pancingan, maka bagaima pun hebatnya anda danapapun tehnik Anda, sehebat apapun peralatan memancing Anda, Anda tak kan dapat memperoleh hasil. Di sinilah diperlukannya peranan berdoa.

Pada prinsipnya siapa pun yang berdoa pasti akan dikabulkan oleh sang pencipta. Yang Anda perlukan yaitu penuhi prasyarat kelayakan dalam berdoa. Di bawah ini merupakan tips doa memancing ikan.

Setiap doa pasti memerlukan adab. Adab yang baik dalam berdoa salah satunya Anda mesti memakai pakaian yang bersih, baik itu bersih dari najis dan kotoran, maupun bersih dari sumber uang yang tidak halal.

Doa Memacing Ikan

Agar usaha memancing Anda memperoleh hasil yang banyak, jadi doa mesti Anda panjatkan beberapa hari saat sebelum aktivitas memancing itu Anda kerjakan. Langkah tersebut di anggap lebih efisien dibanding doa yang Anda panjatkan hanya beberapa menit saat sebelum aktivitas memancing itu dikerjakan.

Terdapat beberapa kekeliruan yang kadang terapkan oleh para pemancing kala berdoa itu di panjatkan, yakni rutinitas untuk mendikte Tuhan. Bila hasil pancing Anda cukup besar dan banyak Anda bakal bergembira, tetapi bila hasil pancingan Anda kecil atau sedikit, Anda bakal geram sama Tuhan.

Baiknya waktu Anda memanjatkan doa, Anda sisihkan beberapa harta Anda untuk bersedekah. Sedekah adalah kegiatan yang bisa memperlancar riziki serta melindungi harta Anda dari kehilangan.

Doa kerapkali dipersepsikan mesti memakai bahasa Arab. Sesungguhnya inti dari doa itu yaitu permintaan seseorang hamba pada Tuhannya, jadi walau juga doa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah, tetap saja dapat dikategorikan sebagai doa. Demikian dengan juga doa untuk memancing ikan, Anda mungkin memakai bahasa Indonesia untuk memanjatkan doa.

Salah satu langkah memanjatkan doa yang baik yaitu yaitu dengan cara mendetailkan harapan Anda, seperti berapakah jumlah ikan yang mau didapat serta jenis ikan apa yang ingin Anda peroleh.

Dengan hal tersebut, hasil tangkapan Anda bakal banyak, karena selain lantaran aspek tehnik memancing yang telah Anda kuasai, juga dikarenakan oleh manfaat doa memancing ikan Anda yang dipanjatkan setulus hati kepada Sang Pencipta, maka atas kehendaknya hasil tangkapan pancing Anda akan banyak tanpa mengunakan Mantra Ilmu pancing. Jangan lupa jika hasil tangkapannya banyak sisihkan sebagian untuk orang yang membutuhkan. Ketahuilah di dalam hartamu terdapat harta orang lain. Semoga bermafaat selamat memancing ikan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Memancing dan Doa Memancing Ikan Supaya Dapat Banyak

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Semoga mas adhy dapat menerapkan tips memancing diatas, Selamat Memancing mas Semoga Hasil Tangkapannya Banyak.. AMIN

      Hapus
  2. Balasan
    1. sip, terima kasih atas komentarnya

      Hapus