All Share Artikel Terbaru Dan Terupdate serta memiliki nilai bermanfaat bagi pembacanya hanya di bloggersbugis.com

13 Rahasia Merawat Mata Sehat Indah dan Bening

Blogger Bugis - Pandangan pertama adalah awal yang menentukan dari hubungan pertemanan, maupun hubungan keseharian Anda dengan orang lain. Dan mata, bakal menjadi salah satu pusat perhatian seseorang apabila pertama kali berjumpa dengan orang baru dikenal. Pandangan mata memang dapat membuat seseorang menjadi tertarik, atau malah risih pada anda.

Akan amat mengasyikkan tentunya melakukan perbincangan dengan seseorang yang mempunyai tatapan mata indah dan sehat. Demikian sebaliknya, pasti Anda akan tidak merasa nyaman bila Anda mesti bertemu dan bercakap-cakap dengan seseorang sementara kesehatan mata Anda sedang terganggu.

Diantara pemicu kondisi mata yg tidak sehat adalah polusi, alergi debu, dan mata yang kering. Rata-rata mata akan terlihat merah, pembuluh darah dalam mata terlihat jelas memerah, bengkak, mata kekuningan, serta berair. Hal yang sepele dan sangat jarang kita sadari membuat mata kita jadi lelah seperti membaca di tenpat gelap atau kurang cahaya, menonton Tivi dengan jarak yang terlampau dekat, Membaca sambil berkendara naik mobil. Oleh karena itu sedapat mungkin anda hindari atau mengurangi rutinitas kebiasaan di atas.

Merawat Mata Sehat Indah dan Bening

Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat dan Indah

Akan tetapi janganlah cemas. Bila Anda mau menyelesaikan permasalahan tersebut dan ingin mata Anda terlihat jernih dan sehat, solusinya sederhana saja cukup dengan menerapkan tips merawat mata berikut ini.

1. Tidur Secukupnya
Semua bagian tubuh kita memerlukan istirahat sesudah bekerja seharian, termasuk juga mata kita. Dengan tidur secukupnya (sekitar 6-8 jam perhari) berarti anda telah memberikan istirahat yang baik pada mata anda. Perlu anda cermati juga durasi dan kwalitas tidur anda lantaran sangatlah berpengaruh pada mata. Kurang tidur atau tidur tak lelap dapat membuat mata indah anda tampak kusam serta tak segar.

2. Minum air putih yang cukup
Minumlah air putih yang cukup sekitar 8 gelar perhari. Dengan minum air putih yang cukup dapat memberi kemilau pada mata secara alami. Apabila tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan air, maka bakal membuat pancaran mata Anda terlihat lesu, sayu, serta kering.

3. Konsumsi makanan sehat
Konsumsi makanan yang sehat yang memiliki kandungan vitamin A sangatlah diperlukan untuk kesehatan mata. Vitamin A berperan agar mata terus sehat serta indah. Misal makanan yang kaya akan vitamin A, seperti Pepaya, wortel dan Bayam.

4. Menggunakan cream Mata
Cream mata juga perlukan untuk menyegarkan mata anda yang mengalami kelelahan. Selain benar-benar efektif untuk menyingkirkan lingkaran gelap dibawah mata anda, krim mata dapat pula melawan kerutan yang mulai nampak di sekitar mata. Manfaatkanlah cream mata secara teratur untuk melindungi kecantikan mata anda.

5. Mengompres dengan handuk dingin
Untuk menangani mata yang terasa gatal serta merah, Anda dapat mencoba dengan tips dengan kompres dengan handuk dingin. Celupkan handuk kecil ke air dingin, selanjutnya kompres mata sampai handuknya terasa hangat. Ulangilah sampai gatalnya mereda.

6. Membersihkan dengan air dingin
Bilaslah mata dengan air dingin beberapa kali dalam satuhari. Tips ini berguna untuk melembabkan serta merilekskan mata dan menanggulangi mata lelah.

7. Kompres Strowbery untuk mata penat
Ambillah beberapa biji buah strowbery selanjutnya taruhlah didalam lemari pendingin selama beberapa menit. Kemudian letakkan pada kelopak mata. Tips ini cukup manjur mengatasi mata yang lelah.

8. Kompres mentimun
Kompres mentimun merupakan tips tepat guna untuk mengembalikan rasa segar pada mata anda. Caranya potong buah mentimun bundar selanjutnya tempatkan pada mata sekitar 10 menit.

9. Sendok dingin untuk mata bengkak
Taruhlah sendok ke dalam kulkas selama beberapa menit lalu waktu masih dingin, tepuk-tepuk area sekitar mata yang bengkak. Mata bengkak Anda bakal mengempes serta segar kembali.

10. Kantong Teh
Therapy mata dengan teh efektif untuk mengurangi lingkaran hitam, bengkak, dan kurangi kelelahan pada mata. Caranya, didihkan air dalam dalam panci, serta bikinlah teh sebanyak 2 kantong teh celup. Selanjutnya dinginkan kurang lebih 10 menit. Kemudian letakkan kantong teh pada kelopak mata selama 10 menit hingga mata terasa rileks.

11. Istirahatkan mata selama satu jam tips ini sangat dianjurkan untuk yang aktif berhadapan dengan komputer setiap hari. Serta rubahlah brighness monitor supaya mata tak gampang lelah.

12. Pakai kacamata waktu berpergian ke luar, hal ini bertujuan untuk mencegah benda-benda asing masuk ke mata misalnya debu, yang mengakibatkan mata merah dan gatal.

13. Mengonsumsi Bayam
Bayam memiliki kandungan Lutein yang dapat membantu perbaikan jaringan mata yang rusak. Permasalahan mata kekuningan dan merah dapat diatasi dengan lutein tersebut . Konsumsi bayam secara teratur setiap harinya, boleh dengan jenis masakan yang sesuai selera Anda, bisa memperbaiki keadaan mata yang kurang sehat.

Nah demikianlah ulasan artikel rahasia menjaga mata agar selalu sehat indah dan bening, Ingat Mata adalah jendela dunia jadi mulailah dari sekarang kiranya agar memperhatikan dan merawat mata Anda, apa jadinya jika hidup didunia ini tanpa ada penglihatan. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 13 Rahasia Merawat Mata Sehat Indah dan Bening

7 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Komentar kami Hapus karena tidak relavan dengan artikel tips merawat mata, Thanks

      Hapus
  2. kalo untuk perawatan dari luar apa yaa?yg disebutkan diatas kan sebagian besar perawatan dr dalam,apakah boleh kita memakai tetes mata setiap hari supaya mata bening ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Hanan, Kami sarankan jika ingin menggunakan obat tetes mata setiap hari sebaiknya konsultasikan dulu sama dokter mata. Terimah kasih

      Hapus
  3. cara merawat penglihatan mata gmana ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain menerapkan ke 10 cara diatas, Anda bisa menerapkan cara ini, jika Anda alalah seorang Muslim, caranya :

      Setiap habis berwudhu ambillah tetesan air wudhu yang terdapat pada ujung siku lalu teteskan kemata anda, atas kehendak Allah mata anda akan sehat hingga akhir hayat (hal ini terbukti gan nenek saja yang serang usianya sudah 71 tahun penglihatannya masih tajam, ia masih bisa memasukkan benang kedalam jarum tanpa mengalami kendala)

      Hapus
    2. Atau pada pagi hari biasakan/sempatkan menatap dedaunan segar/tumbuhan hijau, tataplah daun yang berwarna hijau sedekat mungkin kira2 15 - 30 cm hal ini dapat menyegarkan mata Anda. hal ini karena zat2 klorofil yang terdapat pada daun dapat menjadikan mata lebih sehat (namun hal ini belum di buktukan secara medis) :D

      Hapus